Melalui Inovasi "Bahtera Kita", Bayi Lahir di Tuban Langsung Dapat Akta Kelahiran hingga KIA

Melalui Inovasi "Bahtera Kita", Bayi Lahir di Tuban Langsung Dapat Akta Kelahiran hingga KIA Kepala Dinkes P2KB Tuban saat penandatanganan program inovasi "Bahtera Kita" yang digagas Dispendukcapil Tuban.

TUBAN, BANGNSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) menghadirkan inovasi berupa program "Bahtera Kita".

Melalui program tersebut, setiap bayi yang lahir, baik di rumah sakit maupun di puskesmas, akan mendapatkan dokumen-dokumen kependudukan. Mulai mendapatkan akta kelahiran, KK baru hingga kartu identitas anak (KIA).

"Inovasi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Tuban dalam meningkatkan kualitas layanan publik, utamanya dalam hal pelayanan terkait kelahiran," kata Kepala , Rohman Ubaid, Jum'at (3/5/2024).

Ubaid melanjutkan, bahwa dispendukcapil sudah penandatangan kerja sama dengan seluruh rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kabupaten Tuban guna menyukseskan inovasi "Bahtera Kita".

Tentunya, inovasi ini merupakan bentuk kolaborasi bersama berbagai pihak melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban.

"Program ini merupakan amanah dari Bupati Tuban, Mas Lindra, untuk terus berinovasi guna memudahkan akses layanan publik bagi masyarakat," imbuh mantan Kabag Humas dan Protokol itu.

Untuk memperkuat program dispendukcapil, pihaknya juga mengundang operator dari masing-masing instansi terkait. Terutama, untuk menerima pelatihan tentang prosedur pembuatan dokumen kependudukan bagi bayi yang baru lahir di fasilitas layanan kesehatan.

Ke depan, diharapkan pembuatan dokumen kependudukan bagi bayi yang baru lahir akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

"Ya, salah satunya untuk memberikan kemudahan serta memberikan dampak positif dalam melindungi hak-hak dasar anak dan keluarga," tambahnya.

Sementara itu, pihak yang turut menandatangani perjanjian kerja sama pada program ini adalah RSUD dr. R. Koesma Tuban, RSUD R. Ali Manshur, RS Medika Mulia, RS Nahdlatul Ulama, RS Muhammadiyah, RS Graha Husada, serta seluruh puskesmas wilayah Kabupaten Tuban. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO