Bisakah Air Rebusan Daun Salam Turunkan Gula Darah? Ini Faktanya

Bisakah Air Rebusan Daun Salam Turunkan Gula Darah? Ini Faktanya Bisakah Air Rebusan Daun Salam Turunkan Gula Darah? Ini Faktanya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Air rebusan memiliki banyak manfaat, salah satunya menurunkan gula darah tinggi dan mencegah diabetes.

Hasil studi yang diterbitkan oleh jurnal Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2023 menunjukkan bahwa air rebusan dapat menurunkan kadar gula darah.

Penelitian tersebut melibatkan 41 partisipan yang mengonsumsi 300 ml air rebusan .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan yaitu sebesar 15,22 mg/dL dari 194,49 mg/dL menjadi 179,27 mg/dL.

Selain itu, studi yang dipublikasikan oleh National Center of Biotechnology Information (NCBI) menjelaskan bahwa kaya senyawa polifenol.

Senyawa polifenol yang terdapat di dalam dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

Air rebusan juga bisa mendorong produksi dan pengeluaran urine karena bersifat diuretik. Hal itu sekaligus dapat membuang gula darah berlebih dari dalam tubuh.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO