Jelang Idul Adha, Harga Bumbu Dapur dan Daging Ayam Mulai Naik

Jelang Idul Adha, Harga Bumbu Dapur dan Daging Ayam Mulai Naik Listikah, salah satu penjual daging ayam di pasar tradisional Tuban sedang melayani pembeli.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah komoditi di pasar mulai naik. Di antaranya bumbu dapur, daging ayam, hingga sembako.

Seperti yang terlihat di beberapa pasar tradisional di Kabupaten , Jum'at (17/5/2024). Kenaikan tersebut terjadi karena hari raya idul adha sudah dekat.

Harga daging ayam potong misalnya, yang semula di kisaran Rp40.000 kini menjadi Rp45.000 per kilogram. Sedangkan ayam potong atau broiler mencapai Rp60.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp55.000. Kemudian, daging ayam kampung yang semula Rp60.000 per ekor, kini menjadi Rp65.000.

"Ayam potongnya naik Rp5 ribu, sebelumnya ayam potong Rp40 ribu terus Rp45 ribu. Ayam keras dari Rp55 ribu sekarang Rp60 ribu, ayam kampung dari Rp60 ribu sekarang Rp65 ribu. Kenaikan ini hampir satu bulanan. Setiap menjelang idul adha pasti naik," kata penjual daging ayam, Listikah, saat ditemui di lapaknya.

Menurutnya, kenaikan ini sedikit berpengaruh kepada tingkat pembelian. Jika biasanya pedagang mampu menjual 60 hingga 65 ekor ayam dalam sehari, namun untuk situasi kali ini hanya mampu menjual 50 ekor dalam sehari.

Listikah menyebut kenaikan harga itu terjadi pada tingkat pemasok daging ayam.

"Situasi ini juga memaksa kami menaikan harga jual ke pembeli. Kenaikan harga daging ayam seperti ini rutin terjadi jika mendekati momen idul adha," paparnya.

Selain komoditi daging ayam, kenaikan harga juga diikuti sejumlah bumbu dapur seperti bawang merah dari Rp35.000 menjadi Rp55.000 per kilogramnya. Kemudian, bawang putih menjadi Rp44.000 per kilogramnya, dan telur tembus Rp29.000 per kilogramnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO