Target Atlet Usia Dini, PDBI Kota Batu Gelar Kejuaraan

Target Atlet Usia Dini, PDBI Kota Batu Gelar Kejuaraan Peserta lomba drumband tingkat SD se-Malang Raya.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Batu menggelar ajang bergengsi, yakni Kejurkot Kota Batu dan Kota Batu Open di GOR Gajahmada pada 18-19 Mei 2024.

Sekretaris Pertandingan PDBI Kota Batu, Ahmad Ridwan, menjelaskan bahwa dalam ajang tersebut ada 12 tim dari tingkat SD yang berasal dari wilayah Malang Raya. Sementara itu, kelas untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) diikuti oleh 21 peserta yang tersebar di sekitar Malang Raya.

"Ada dua kategori pemenang yang akan diumumkan, yakni Kejurkot Kota Batu untuk peserta asal Kota Batu sendiri, dan Kota Batu Open untuk peserta dari luar wilayah Kota Batu," ujarnya saat dikonfirmasi.

Sistem penilaian dalam kompetisi ini, kata Ahmad, mengacu pada standar PDBI yang telah ditetapkan, meliputi penilaian konser, pertunjukan, tampilan visual, komposisi musik, serta formasi baris berbaris.

Dewan juri yang menilai para peserta itu berasal dari berbagai daerah seperti Tuban, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, dan Lamongan, menambah kemeriahan kompetisi ini dengan berbagai sudut pandang dan pengalaman yang beragam.

Ia juga menyampaikan, ini juga bagian dalam rangka pembinaan dan persiapan untuk ajang 2025. Disebutkan, tujuan utama kegiatan ini adalah juga untuk mencari bibit-bibit potensial yang nantinya dapat direkrut dan dilatih untuk mewakili Kota Batu di ajang porprov Jatim

"Kami akan mencari bibit-bibit kembali untuk persiapan 2025," katanya.

Pada penjaringan atlet, lanjut Ahmad, Pengurus PDBI Kota Batu masih fokus mengincar calon atlet dari berbagai sekolah yang menunjukkan minat dan bakat di bidang drumband.

"Kalau atlet drumband, kita harus cari minatnya dulu, baru bisa untuk dikembangkan menjadi atlet yang berkualitas," pungkasnya. (adi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO