KPU Kota Probolinggo Sebut Pencalonan Nur Eva dan Saiful Nurwahid Tak Memenuhi Syarat

KPU Kota Probolinggo Sebut Pencalonan Nur Eva dan Saiful Nurwahid Tak Memenuhi Syarat KPU Kota Probolinggo saat menyerahkan berkas pemeriksaan yang dinilai tak memenuhi syarat. Foto: ANDI SIRAJUDIN/BANGSAONLINE

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com Kota Probolinggo mengumumkan jika calon perseorangan atau calon nonpartai yang sempat mendaftar, Nur Eva Arimami dan Saiful Nurwahid dalam tidak memenuhi syarat. 

"Sesuai syarat perseorangan, pasangan calon harus mengumpulkan dukungan yang diberupakan KTP. Pasangan ini telah mengumpulkan sebanyak 18.475 KTP. Namun, setelah diverifikasi oleh , yang memenuhi syarat hanya sebanyak 185 KTP atau sekitar 1 persen saja," kata anggota Kota Probolinggo, Akhmad Faruk, Rabu (29/5/2024).

Selain harus sesuai dengan dukungan yang ditetapkan oleh sebanyak 17.851 KTP, jumlah hasil verifikasi administrasi dari pasangan calon tersebut harus tersebar di 5 kecamatan yang ada.

"Sebaran tersebut lebih banyak dari sebaran minimal sebaran 3 kecamatan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, status administrasi bakal calon itu tidak memenuhi syarat dan tidak dapat dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual kesatu," ucap Faruk.

Sementara itu, Ketua Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, juga menjelaskan jika pasangan calon wali kota dan wakil wali kota perseorangan dimaksud tidak memenuhi syarat, dan tidak ada lagi jadwal perbaikan.

"Silahkan kalau ada keberatan melalui upaya yang lain misalnya gugatan. Bisa konsultasi dulu ke Bawaslu dan ke Pengadilan Tata Usaha Negara atau PTUN jika ada keberatan baik administrasi maupun proses," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com.

Menanggapi putusan dari Kota Probolinggo, Eva mengaku legowo. Menurut dia, hal ini menjadi evaluasi bagi tim pemenangan.

"Saya legowo dan ini menjadi catatan evaluasi tim pemenangan kami dari sistem yang kami ajukan, mungkin 5 tahun lagi. Kita tetap akan berkonsiliasi dengan partai-partai yang lain, atas program kami yang belum tercapai untuk pembangunan Kota Probolinggo kedepan," katanya. (ndi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO