Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Banyuwangi Bersama Ratusan Siswa Tanam Pohon Cemara Laut

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Banyuwangi Bersama Ratusan Siswa Tanam Pohon Cemara Laut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani secara simbolis menanam pohon cemara laut pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di kawasan Pantai GWD Banyuwangi, Jatim, Rabu (5/6/2024). Foto: Dok. Humas Pemkab Banyuwangi

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - , Ipuk Fiestiandani bersama ratusan pelajar dan pegiat lingkungan hidup menggelar penanaman pohon cemara laut pada 2024, di kawasan Pantai Grand Watu Dodol, Rabu (5/6/2024).

"Semoga peringatan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk memulai perilaku dan gaya hidup yang lebih memperhatikan lingkungan. Kita hanya punya satu bumi, maka bersama-sama harus dijaga bumi ini dan mulai dari diri lalu menularkan ke sekeliling kita," katanya.

Dari hasil riset, pohon cemara laut mampu menyerap karbondioksida hingga 394 kilogram per pohon dalam setahun. Sehingga, penanaman pohon cemara ini, mendukung upaya pengurangan emisi untuk mencapai target zero net emission pada 2050.

Ipuk juga berharap, pada tahun ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan hidup, mulai dari membuang sampah hingga isu perubahan iklim.

Selain itu, juga menyebut, tindakan untuk menjaga lingkungan yaitu dengan melakukan pengelolaan sampah berbasis sirkular.

"Kami terus menggalakkan berdirinya tempat pengolahan sampah terpadu (3R) seiring dengan tumbuhnya perilaku masyarakat untuk memilah sampah. Bahkan ada 3 TPST di Banyuwangi yang akan mengolah sampah menjadi bahan RDF untuk bahan bakar industri semen," ucapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO