Anggap Bupati Gagal Jalankan Program UHC, Grib Jaya Malang Gelar Demo

Anggap Bupati Gagal Jalankan Program UHC, Grib Jaya Malang Gelar Demo Demo yang digelar Grib atau Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu di Kantor Bupati Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (Grib) menggelar demo, dan menuntut Bupati , Sanusi, untuk meminta maaf terkait kegagalan program UHC (Universal Health Coverge). Aksi dilakukan di Kantor Bupati , lalu berlanjut ke gedung dewan dan di kantor kejaksaan, Senin (10/6/2024).

Ketua Grib , Damanuri Jab, menganggap kegagalan program UHC tidak sesuai dengan realita yang terjadi di masyarakat. Pasalnya, Sanusi selaku bupati telah mencabut layanan PBID.

"Bupati terang terang melakukan penipuan, pada Pada Agustus 2024 layanan untuk pasien telah dicabut (dinonaktifkan) padahal merupakan syarat dari program tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, kata Jab, Pemkab menerima penghargaan UHC yang diterima pada acara UHC Awards 2023 di Balai Sudirman, Jakarta. Penghargaan itu diberikan atas klaim Kabupaten telah siap memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu melalui jaringan puskesmas, RSUD Kanjuruhan, RSUD Lawang, RSUD Ngantang, serta berbagai klinik dan rumah sakit yang bermitra dengan .

"Jelas ini manipulasi, Bupati menyatakan bahwa cakupan UHC di Kabupaten pada Maret 2023 mencapai lebih dari sembilan puluh tujuh persen dari total penduduk. Namun, realitas di lapangan pada Agustus 2023 menunjukkan situasi yang jauh berbeda," urai Jab.

Lebih lanjut, Grib menyatakan masyarakat Kabupaten mengalami penderitaan akibat penonaktifan layanan kesehatan bagi pasien PBID, yang merupakan bagian dari program UHC. Dalam aksi ini, Grib mengorasikan hutang Pemkab kepada Kabupaten yang signifikan, mencerminkan kegagalan pengelolaan anggaran daerah.

Kegagalan ini menimbulkan pertanyaan serius tentang pengelolaan program UHC di Kabupaten . Pemerintah pusat yang memberikan penghargaan atas dasar pencapaian yang dilaporkan, kini harus menilai kembali situasi di lapangan yang menunjukkan kegagalan dalam realisasi program tersebut.

Menanggapi tuntutan Grib hari ini, Pj Sekdakab , Nurman Ramdasyah, mengakui bahwa program UHC ada beberapa permasalahan data yang harus diperbarui kembali.

"Kalo penghargaan itu hak pemerintah pusat berikan ke pemkab, Namun kalo terkait UHC memang belum berjalan maksimal , dan kita masih melalukan penyempurnaan," ujarnya saat dikonfirmasi. (dad/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO