Pemprov Jatim Jajaki Kerja Sama Bidang Maritim dan Energi Terbarukan dengan Pemerintah Denmark

Pemprov Jatim Jajaki Kerja Sama Bidang Maritim dan Energi Terbarukan dengan Pemerintah Denmark

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjajaki kerja sama yang lebih luas dengan Pemerintah . Hal itu disampaikan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono ketika menerima Duta Besar (Dubes) untuk Indonesia, Sten Frimodt Nielsen di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (20/6).

"Ke depan, kami berharap kerja sama antara Jatim dan di berbagai sektor. Dan potensi kerja sama kita yang cukup besar ada di bidang maritim, terutama untuk industri perkapalan dan perikanan," kata Pj. Sekdaprov Bobby.

Bobby menjelaskan, selama ini kerja sama Jawa Timur dan telah berjalan baik. Terutama setelah pembukaan Kantor Konsulat di Surabaya pada tahun 2021.

Neraca perdagangan Jawa Timur- pada 2020-2024 juga mengalami surplus bagi Jawa Timur sebesar 13,8 juta US Dollar. Di mana nilai ekspor mencapai 18,2 juta US Dollar dan impor sebesar 4,3 juta US Dollar.

Selain kerja sama di bidang maritim, dalam kesempatan tersebut Pj. Sekdaprov Bobby juga membahas potensi kerja sama untuk energi terbarukan. Sehingga, kedua wilayah dapat mencapai visi SDGs yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

"Kami juga membahas terkait energi karena di sedang giat-giatnya seperti kita untuk go green. Artinya bagaimana semua industri transportasi dan lain sebagainya bisa kita elektrifikasi," katanya.

Duta Besar untuk Indonesia, Sten Frimodt Nielse mengatakan bahwa kerja sama di bidang maritim memiliki potensi besar karena baik Jawa Timur dan berada dekat dengan garis pantai. Sedangkan energi listrik merupakan keniscayaan di mana semua negara di dunia harus mengupayakan.

"Kita punya potensi yang sama dalam dua bidang ini. Kerja sama ini bisa menambah potensi dan peluang pembangunan dan juga ekonomi di Jawa Timur," katanya.

Sten mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Dia juga mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan oleh Pemprov Jatim di sela kunjungan kerjanya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO