Dialog dengan Pegiat Literasi, Pj Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat

Dialog dengan Pegiat Literasi, Pj Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, dan Kepala Disarpus Kota Kediri, Eko Lukmono Hadi, saat melihat penampilan dari salah satu siswa yang berprestasi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, berdialog dengan pegiat literasi di Kota Tahu. Kegiatan ini dibalut dalam Temu Akrab dengan Pegiat Literasi Kota Kediri yang berlangsung di perpustakaan daerah setempat, Senin (24/6/2024).

"Senang sekali pada kesempatan ini saya dapat bertemu dengan generasi penerus Tan Koen Swie dan teman-teman pagiat literasi Kota Kediri. Saya sempat mencari tahu tentang sosok Tan Koen Swie ternyata beliau merupakan pioner pegiat literasi di Kota Kediri bahkan Indonesia," kata Zanariah.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak pegiat literasi untuk berkolaborasi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Kediri, khususnya membuat program untuk meningkatkan literasi masyarakat. 

Di mana saat ini, Indeks Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat Kota Kediri menempati peringkat 37 se-Jawa Timur. Menurut Zanariah, dibutuhkan kepedulian bersama untuk mendorong masyarakat semakin gemar membaca, sebagai pembuka gerbang Indonesia Emas 2045.

"Jadi kita butuh dukungan juga dari teman-teman pegiat literasi ini. Bapak Ibu bisa berikan ide untuk menggenjot minat baca masyarakat. Terlebih masyarakat bisa datang ke Perpustakaan Daerah ini," tuturnya.

Ia berharap, Perpustakaan Daerah Kota Kediri bisa memperbaiki dari segi fasilitas, daya tampung, layanan offline maupun online. Selain itu Disarpus Kota Kediri juga perlu semakin intens hadir di Ruang Terbuka Hijau. 

Nantinya, lanjut Zanariah, masyarakat bisa memiliki kebiasaan baru datang ke taman untuk membaca buku. Lalu para pegiat literasi ini bisa membuat karya berupa buku, khususnya buku-buku tentang Kota Kediri, dan bisa menjadi koleksi di perpustakaan daerah setempat.

“Bisa dibuat senyaman mungkin agar anak-anak muda mau datang untuk membaca. Nanti anak-anak sekolah juga bisa diajak untuk membaca di Perpustakaan Daerah. Jadwalnya bisa digilir antar sekolah satu dengan sekolah yang lainnya," harapnya.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan KTA Perpustakaan kepada Pj Wali Kota Kediri, Zanariah. Acara ini juga diisi penampilan menarik, seperti baca puisi, dari siswa berprestasi di Kota Tahu serta dihadiri sejumlah pejabat terkait dan tamu undangan lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO