Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon di Sumber Dadapan

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon di Sumber Dadapan Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menyerahkan pohon yang akan ditanam. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, menanam pohon di Sumber Dadapan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini bertajuk 'Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan'. Sebelum menanam pohon, diawali dengan apel yang diikuti perwakilan komunitas lingkungan, PDAM, organisasi PCNU, Sekolah Adiwiyata, Koramil, dan Polsek Pesantren, Sabtu (29/6/2024).

"Saya sampaikan terima kasih pada seluruh partisipan yang telah bergabung pada acara ini untuk menanam pohon dan bersih-bersih di Sumber Dadapan. Saya dengar sumber ini pernah mengalami kekeringan pada musim kemarau panjang dan sekarang kondisinya mulai membaik setelah konservasi. Mari kita lanjutkan upaya pelestarian melalui penanaman pohon," kata Zanariah.

Menurut dia, air dan pohon memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan, simbiosis mutualismenya memberi banyak manfaat bagi makhluk hidup lain, udara menjadi segar dan ketersediaan air melimpah. Dengan keberkahan yang sudah dirasakan, kurang adil rasanya jika lingkungan tidak dijaga, apalagi di tengah krisis iklim yang semakin terasa.

"Maka sesuai dengan tema tahun ini mari kita penuhi tanggung jawab kita untuk bertindak mengatasi krisis iklim. Serta menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang," tuturnya.

Zanariah menjelaskan, krisis iklim adalah tantangan berat tetapi bukan berarti tidak dapat diatasi, dan dengan inovasi serta prinsip keadilan dapat membangun masa depan yang lebih baik berkelanjutan untuk semua. Sebagai contoh, setelah bertahun-tahun menanam pohon China telah berhasil merestorasi tanah tandus serta gurun menjadi hutan dan padang rumput.

"Hal tersebut patut menjadi motivasi bagi kita memiliki semangat yang sama untuk melakukan aksi nyata. Mulai dari tindakan sederhana di lingkup terkecil pun membawa dampak jika dilakukan bersama-sama," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga memberikan ucapan selamat kepada 26 sekolah di Kota Kediri yang meraih penghargaan Adiwiyata, yang mana menjadi bukti bahwa aksi kolektif dapat membawa prestasi. Pencapaian ini juga menjadi tanggung jawab untuk terus membudayakan hidup peduli lingkungan pada seluruh warga sekolah.

"Kegiatan semacam ini jangan berhenti seremonial saja saya berharap aksi ini bisa jadi kebiasaan dan dilaksanakan berkelanjutan. Mulai dari diri sendiri mulai dari Kota Kediri. Our land our future," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO