Peringati Malam Satu Suro dan Bulan Bung Karno, DPC PDIP Kabupaten Kediri Gelar Wayang Kulit

Peringati Malam Satu Suro dan Bulan Bung Karno, DPC PDIP Kabupaten Kediri Gelar Wayang Kulit Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro, saat menyerahkan tokoh wayang kulit Noroyono kepada Ki Didik Wibisono. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - DPC Kabupaten Kediri menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di kantornya, Sabtu (6/7/2024) malam. Agenda tersebut dilakukan dalam rangka menyambut malam satu suro dan memperingati Bulan Bung Karno.

Pergelaran wayang kulit dengan dalang Ki Didik Wibisono itu, mengambil lakon (cerita) 'Noroyono Winisudo'. Sebelum pergelaran dimulai, Ketua DPC Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro, menyerahkan wayang kulit Noroyono kepada Ki Didik Wibisono.

Baca Juga: Doding Rachmadi Jadi Calon Ketua DPRD Trenggalek

"Jadi karena peringatan bulan Bung Karno itu mendekati bulan Suro, maka peringatan dengan menggelar pertunjukan wayang kulit ini, disatukan yaitu peringatan bulan Bung Karno, sekaligus peringatan malam 1 Suro (1 Muharam)," kata Murdi.

Ia berharap, pagelaran kegiatan itu ini bisa meningkatkan tirakat kita semua pada malam Suro tahuh ini. Menurut dia, wayang kulit merupakan budaya yang punya nilai yang sangat tinggi, dan bisa menjadi tuntunan.

"Pada event-event tertentu kita memang sering nanggap pagelaran wayang kulit. Tujuannya juga untuk nguri-nguri budaya khususnya budaya asli Kediri. Karena asal-usul wayang ini juga berasal dari Kediri. Makanya harus dilestarikan, diharapkan pergelaran wayang kulit ini bisa digelar di desa-desa," paparnya. (uji/mar)

Baca Juga: Kader PDIP se-Kecamatan Mojoroto Kediri Siap Menangkan Vinanda-Gus Qowim di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP Situbondo, Rio Patennang Berharap Wakilnya dari PDIP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO