Arahan Pj Wali Kota Kediri saat Pelatihan Kewirausahaan untuk Tenaga Non-ASN

Arahan Pj Wali Kota Kediri saat Pelatihan Kewirausahaan untuk Tenaga Non-ASN Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, , memberi arahan saat Pelatihan Kewirausahaan bagi Tenaga Non- di lingkup pemerintahnya, Kamis (25/7/2024). Pelatihan berlangsung di Ruang Joyoboyo, Balai Kota Kediri, dengan narasumber Kepala KCP Kediri Taspen, Linda Febrianti.

“Senang sekali bisa bertemu dengan para tenaga non di sini. Karena selama ini tenaga non ini juga sudah banyak berkontribusi dalam melaksanakan tugas pemerintah untuk mengabdi dan melayani masyarakat Kota Kediri. Semoga semuanya loyal dalam melaksanakan tugasnya,” kata .

Penataan tenaga non- hingga saat ini, mengungkapkan masih menjadi tanggung jawab besar yang harus ditata sebagai pemerintah, mulai dari nasional, provinsi maupun kabupaten/kota. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang pada Pasal 66 mengamanatkan agar penataan pegawai non harus diselesaikan paling lambat Desember 2024. Penataan yang dimaksud adalah dengan mengupayakan untuk mengangkat pegawai non menjadi , yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mengingat terdapat persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi, Pj Wali Kota Kediri menekankan bukan berarti 2.108 orang tenaga honorer di Kota Kediri nantinya akan menjadi PPPK. Maka merespon hal tersebut, pemerintah tetap berusaha melalui langkah-langkah strategis untuk mendapatkan win-win solution.

“Kami pun hanya mengikuti kebijakan yang ada di Undang-Undang dan turunannya. Karena mengingat batasan waktu yang diberikan dalam penataan tenaga non ini. Namun kami juga tetap melihat kebijakan ke depan karena Oktober ada kabinet baru, dan mungkin kebijakannya sedikit berubah atau tetap," paparnya.

'Kami pemerintah kota dan pemerintah daerah lainnya akan melakukan percepatan mengikuti kebijakan yang akan terbit lagi. Namun sebelum berubah, Pemerintah Kota Kediri harus mempersiapkan diri, salah satunya dengan memberikan pelatihan kewirausahaan sehingga membuka wawasan teman-teman non ,” imbuhnya.

Pelatihan kewirausahaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemkot Kediri terhadap kinerja teman-teman non-. berharap, dengan pelatihan kewirausahaan ini memperluas wawasan dan keterampilan para tenaga non-, sehingga dapat menjadi bekal untuk mendapatkan penghasilan.

“Pemerintah Kota Kediri juga senantiasa memberikan peluang bagi tenaga non untuk berkreatifitas dan berwirausaha. Namun dengan catatan, tidak mengganggu tugas dan tanggung jawab pada instansi dimana saat ini bekerja,” pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO