Edukasi Tanggap Bencana, Dinsos Kabupaten Madiun Gelar TMS

Edukasi Tanggap Bencana, Dinsos Kabupaten Madiun Gelar TMS Persiapan pelatihan tanggap bencana yang digelar Dinsos Kabupaten Madiun. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun menggelar giat Tagana atau taruna tanggap bencana Masuk Sekolah (TMS). Agenda tersebut kali ini diikuti para siswa kelas 8 di SMPN 1 Kebonsari, Kamis (25/7/2024)

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Madiun, Dedi Anggoro, mengatakan bahwa program ini sudah menjadi agenda tahunan.

"Ini merupakan agenda tahunan kita. Dimana kita mengedukasi pelajar dan guru untuk tanggap bencana sejak dini. Dan ini juga merupakan bentuk pengingat agar mereka peduli dengan lingkungan," ujarnya.

Dengan pengenalan program TMS ini, diharapkan adanya kepedulian para siswa untuk turut melindungi sesama dan agar mereka terhindar dari bencana yang menimpa. Serta sebagai regenerasi para perugas yang ada.

"Sebagai Dinas Sosial sangat berharap besar generasi muda ini minimal tahu tentang bencana di sekitar. Sehingga muncul jiwa sosial dari mereka. Dan nantinya bisa menjadi penerus bagi para petugas Tagana yang ada saat ini," kata Dedi.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kebonsari, Muhammad Solihuddin, mengapresiasi adanya TMS yang digelar Dinsos Kabupaten Madiun.

"Kegiatan ini sangat positif sekali untuk anak-anak, temen-temen guru. Anak-anak di sini dididik untuk tanggap becana. Sehingga anak-anak tahu bagaimana menyikapi bila ada bencana," tuturnya.

Karena kegiatan ini ia rasakan hal sangat positif, Solihuddin berinisiatif untuk membentuk tim seperti Tagana yang ada di sekolah. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO