Kota Batu Tampil di Kriyanusa 2024, Produk UMKM Bersinar di Kancah Nasional

Kota Batu Tampil di Kriyanusa 2024, Produk UMKM Bersinar di Kancah Nasional Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat melakukan peninjauan stan.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Kota Batu menjadi bagian yang favorit di Jawa Timur. Tak ayal, destinasi yang ada sukses mencuri perhatian di Kriyanusa 2024. 

Untuk pertama kalinya, Kota Batu turut berpartisipasi dalam event bergengsi yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI ini. Dengan mengusung tema “Pengrajin Muda, Lestarikan Budaya”, Kota Batu menampilkan 10 produk unggulan hasil karya para pengrajin muda lokal. 

Mulai dari batik dengan berbagai motif khas, kerajinan anyaman dan sulam, hingga inovasi kreatif seperti kokedama, semua produk ini berhasil memukau pengunjung, serta menarik minat para pembeli, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, yang sedang melaksanakan dinas di Jakarta menyempatkan secara langsung untuk berkunjung melihat pameran dari Dekranasda Kota Batu, di Jakarta Convention Center, Sabtu (31/8/2024).

“Partisipasi Kota Batu di KriyaNusa 2024 merupakan langkah strategis dalam mempromosikan potensi lokal dan memperluas pasar produk-produk kerajinan khas Batu,” kata Aries.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi kreativitas para pelaku ekonomi kreatif di Kota Wisata Batu. 

"Saya sangat bangga dengan kualitas dan kreativitas para perajin Kota Wisata Batu. Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai seni tinggi, tetapi juga berpotensi untuk dipasarkan secara luas, dan tentunya membawa dampak yang signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

"Kami berharap dengan adanya ajang seperti ini, para pengrajin muda semakin termotivasi untuk terus berkarya dan mengembangkan produk-produk yang berkualitas. Selain itu, kami juga optimis bahwa pameran ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Batu,” imbuhnya.

Pemkot Batu melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan lokal, khususnya di sektor kerajinan. Berbagai program dan fasilitasi terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas produk, memperluas jaringan pemasaran, serta meningkatkan daya saing produk Batu di pasar global.

Dekranasda Kota Batu berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi kerajinan lokal dan memberdayakan para pengrajin. Ke depan, Dekranasda akan fokus pada program-program pembinaan dan pelatihan bagi pengrajin, pengembangan desain produk yang inovatif, serta fasilitasi akses pasar yang lebih luas. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO