Di AKHKI Expo 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Sebut Pemohon Perlindungan KI Meningkat

Di AKHKI Expo 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Sebut Pemohon Perlindungan KI Meningkat Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono saat memberi sambutan

SURABAYA,BANGSAONLOLINE.com - Jumlah pemohon perlindugan Kekayaan Intelektual (KI) meningkat cukup signifikan.

Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan KI cukup tinggi.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Gubernur Jatim M Noer di Sampang, Cipung Apresiasi Kinerja Khofifah Periode Pertama

“Permohonan pelindungan KI di meningkat lebih dari 42% selama 2023-2024,” ujar , saat memberikan sambutan pada pembukaan Perkumpulan Konsultan Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI Expo 2024) yang berlangsung di V-Junction, lantai 3 Mall Ciputra World Surabaya, Jumat (27/9).

Heni mengatakan peningkatan ini mencerminkan tingginya kesadaran masyarakat. Khususnya pelaku usaha, akan pentingnya pelindungan hak cipta, merek dagang, paten, dan desain industri.

"Atas capaian ini, Kanwil Jatim dinobatkan sebagai Kanwil dengan kinerja terbaik dalam penegakan dan pelayanan hukum Kekayaan Intelektual Tahun 2024," ucapnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: KEK Singhasari Miliki Keunggulan Seluruh Layanan Digital Terintegrasi

Untuk itu, Heni mengungkapkan kebanggaannya dapat hadir di tengah-tengah para profesional di bidang . Dia menekankan pentingnya perlindungan KI dalam mendukung UMKM agar berdaya saing.

"Hal ini tentu sesuai dengan program pemerintah yang mendorong inovasi dan kreativitas melalui perlindungan hukum yang jelas," terangnya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar DJKI Mengajar di SMK Telkom Malang

Ketua Umum Asosiasi Konsultan Hukum Kekayaan Intelektual (AHKI), Suyud Margono, juga memberikan sambutan, mengungkapkan harapannya agar AHKI Expo dapat menjadi acara tahunan yang mendorong peningkatan jumlah konsultan KI di . Ia berharap kehadiran lebih banyak konsultan KI akan berdampak positif pada peningkatan permohonan KI serta mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, dalam rangkaian acara, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dengan beberapa rektor universitas terkemuka, seperti Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Katolik Widya Mandala, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan di dunia akademik.

Acara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Kekayaan Intelektual Dunia, sekaligus menjadi momen bersejarah dengan ditetapkannya Hari Konsultan Kekayaan Intelektual (KI) Indonesia. 

Baca Juga: BHP Goes To Campus Ada di Unair

Acara diakhiri dengan peresmian dan deklarasi Hari Konsultan Kekayaan Intelektual, yang ditetapkan jatuh pada 27 September 2024, sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi para konsultan KI dalam mendukung perlindungan di Indonesia. (cat/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO