Semangat Dongkrak SDM di HUT ke-79, Pemprov Jatim Beri Beasiswa untuk 5.683 Santri dan Guru Diniyah

Semangat Dongkrak SDM di HUT ke-79, Pemprov Jatim Beri Beasiswa untuk 5.683 Santri dan Guru Diniyah Pj Gubernur Jatim saat foto bersama pelajar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menginjak usia yang ke-79, pemerintah provinsi terus meneguhkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka mendukung Jawa Timur sebagai gerbang nusantara baru.

Salah satu bentuk konkret peningkatkan kualitas SDM ini adalah dengan menguatkan pendidikan pesantren. Penguatan SDM terus dilakukan sebagai program prioritas, dan unggulan yang telah dilakukan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2019-2024).

Baca Juga: Optimalkan Pembangunan Kesejahteran Sosial, Pemprov Jatim Teken MoU dengan Poltek Kessos

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menegaskan bahwa penguatan pendidikan diniyah di pesantren menjadi salah satu program prioritas karena ada lebih dari 6.600 pesantren di Jawa Timur, mulai dari pondok pesantren tradisional atau salaf maupun pesantren modern.

“Perhatian untuk pesantren secara nyata kita lakukan dengan memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah untuk Madrasah Diniyah (Bosda Madin). Program Bosda Madin ini adalah yang dilaksanakan dalam Program Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS),” ucapnya, Senin (14/10/2024).

Program tersebut sengaja digulirkan, lantaran Madrasah Diniyah telah ikut memberikan kontribusi besar dalam rangka meningkatkan keimanan dan kecerdasan bangsa.

Baca Juga: Festival Tanean Lanjhang ke-10 Dijadwalkan Bulan ini, Pemkab Pamekasan Hadirkan Pj Gubernur Jatim

“Terlebih kami di Pemerintah provinsi Jawa Timur sangat konsen mendorong peningkatan IPM. Sehingga BPPDGS dan Bosda Madin adalah garda terdepan dalam mendulang peningkatan SDM di lingkungan pesantren,” kata Adhy.

Dengan digelontornya program BPPDGS (Bosda Madin), ia menyeatakan anggaran tersebut bisa digunakan untuk peningkatan kualitas operasional sekolah, dengan harapan bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar, sehingga lulusan pendidikan atau sekolah diniyah di pesantren memiliki daya saing yang menonjol.

Adhy kemudian merinci BPPDGS yang telah dialokasikan selama 5 tahun terakhir mencapai lebih dari Rp1 triliun, dan khusus di tahun ini dialokasikan sebesar Rp200.456.190.000,00. untuk 38 kabupaten/kota yang dilakukan dalam 6 bulan pembayaran.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Hari Jadi ke-79 Jawa Timur

Lebih lanjut ditegaskan Adhy, BPPDGS memiliki sejumlah sasaran program, di antaranya, untuk santri atau warga belajar, untuk siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula atau Wustho, dan untuk program kejar Paket A/B dan Paket A/B Pondok Pesantren.

Program tersebut juga menyasar untuk Ustadz atau Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula atu Wustho dan Guru Swasta SD/MI/Salafiyah Ula/SMP/MTs/Salafiyah Wustho Swasta dan Guru SMP Satu Atap/MTs Satu Atap.

Baca Juga: Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi di Jawa Timur

“Bosda Madin dilaksanakan juga bertujuan untuk meringankan serta mengurangi beban orang tua dalam membiayai pendidikan santri, warga belajar, juga siswa khususnya dari keluarga miskin di Provinsi Jawa Timur untuk memperoleh pendidikan,” ucap Adhy.

Hal ini merupakan wujud implementasi bahwa pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga negara. Khususnya yang berusia 7-15 tahun sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Kita juga memperhatikan kesejahteraan guru. Kita ada alokasi khusus honorarium kinerja yang kita berikan pada Kepala Sekolah, Guru Paud, TK, SD dan SMP non PNS se Jawa Timur. Angkanya sebesar Rp. 19.368.000.000 se tahun,” urai Adhy.

Baca Juga: Membaur Bersama Ribuan Masyarakat di Jatim Phoria 2024, Adhy Karyono Ucapkan Terima Kasih

Tak hanya itu, sebagai perhatian untuk guru madrasah diniyah, telah memberikan beasiswa S1, S2 dan S3 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM lulusan pesantren. Program ini telah dilaksanakan sejak 2019-2024, dan total ada sebanyak 5.683 penerima manfaat beasiswa S1, S2 dan S3 dari , yang semuanya adalah santri dan guru madrasah diniyah di Jatim.

“Rinciannya yaitu, 3.080 untuk penerima beasiswa program S1, 1.355 penerima beasiswa program S2, 130 penerima beasiswa program S3. Dan tak ketinggalan ada 995 penerima beasiswa program M1 dan M2 atau setara S1 dan S2 di Ma’had Aly yang merupakan perguruan tinggi khas pesantren,” kata Adhy.

“Untuk beasiswa program S1 di Universitas Al Azhar Mesir, total jumlahnya sudah mencapai 123 mahasiswa yang kita kirim dengan beasiswa dari . Ini adalah upaya besar dalam meningkatkan kualitas SDM di lingkungan pesantren kita,” imbuhnya.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Optimis Sinergi Eksekutif-Legislatif Wujudkan Jatim Lebih Maju dan Sejahtera

Sedangkan untuk infrastruktur pendidikan, mengalokasikan sebesar Rp.157.080.473.527 untuk Bangunan dan Sarana Prasarana kepada PAUD, TK, SD, SMP, PKBM, SMA, SMK, dan Ponpes dengan total 615 Lembaga se Jawa Timur.

Tidak hanya itu, masih dalam upaya peningkatan kualitas SDM Jatim, Pemprov juga menggelontor program Pendidikan Kesetaraan Vokasi. Tak tanggung-tanggung alokasi anggarannya mencapai Rp. 4.999.500.000 yang ditujukan untuk 11 Kabupaten dengan IPM rendah di Jawa Timur.

“Kita yakin dengan apa yang sudah dan akan kita lakukan akan meningkatkan kualitas SDM kita untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Sekaligus menguatkan posisi Jatim sebagai Gerbang Nusantara Baru,” ucap Adhy. (dev/mar)

Baca Juga: Dihadiri Forkopimda dan Tamu Kehormatan, Pemprov Jatim Tasyakuran Capaian Pembangunan di Usia ke-79

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO