Survei ARCI Sebut 80,8 Persen Warga Puas Kinerja Pemprov Jatim di Sektor Kelautan dan Perikanan

Survei ARCI Sebut 80,8 Persen Warga Puas Kinerja Pemprov Jatim di Sektor Kelautan dan Perikanan Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt, saat memaparkan hasil survei terhadap kinerja Pemprov Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Accurate Research and Consulting Indonesia () merilis hasil survei terkait kepuasan warga terhadap kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) selama 5 tahun terakhir, di mana secara umum masyarakat puas.

Direktur Eksekutif , Baihaki Sirajt, mengatakan bahwa salah satu indikator kepuasan warga terbesar ada di sektor kelautan dan perikanan. Di sektor tersebut, banyak masyarakat yang mengetahui program-program pro-nelayan.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 Antarkan UMKM Naik Kelas

"Di sektor kelautan dan perikanan, warga Jatim puas dengan berbagai program selama ini yang pro nelayan, termasuk warga pesisir," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima hari ini, Selasa (15/10/2024).

Dalam survei , kepuasan warga di sektor kelautan dan perikanan di angka 80,8 persen, lalu ada 12,6 persen kurang puas, dan 6,4 persen belum menjawab. Baihaki menyatakan, responden banyak yang mengetahui program-program di sektor kelautan dan perikanan, seperti bantuan modal kepada nelayan.

"Responden mengetahui program-program Pemprov melalui dinas terkait di sektor perikanan dan kelautan. Mulai dari bantuan modal, bantuan kapal, termasuk juga program menanam mangrove di wilayah-wilayah pesisir untuk menjaga kelestarian lingkungan," paparnya.

Baca Juga: Elektabilitas Khofifah-Emil Menguat, Tinggalkan Jauh Risma-Hans dan Luluk-Lukman

Selama 5 tahun terakhir, ia menyebut warga mengetahui adanya upaya untuk memberi perhatian ke nelayan melalui dinas yang bersangkutan.

"Nelayan dipermudah untuk proses ekspor hasil tangkapan di laut. Kemudian harga-harga komoditi laut yang stabil memberi dampak kesejahteraan ke nelayan.  juga rutin mensosialisasikan gerakan menjaga laut dan gemar makan ikan untuk menekan angka stunting," ucapnya.

Secara umum, lanjut Baihaki, sebanyak 80 persen warga puas atas kinerja

Baca Juga: Optimalkan Pembangunan Kesejahteran Sosial, Pemprov Jatim Teken MoU dengan Poltek Kessos

"Mayoritas responden menyatakan puas atas kinerja ," katanya.

Survei dilakukan pada 1-9 Oktober 2024 di 38 kabupaten/kota dengan jumlah responden sebanyak 1.200 menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error di angka 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO