Demi Wujudkan Pilkada Damai, Pemkot Kediri Gandeng FKUB Gelar Seminar Nasional

Demi Wujudkan Pilkada Damai, Pemkot Kediri Gandeng FKUB Gelar Seminar Nasional Pj Walikota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan melalui video. (Ist).

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pemerintah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Umat Beragama () menggelar Seminar Nasional dengan tajuk “Peran Strategis Tokoh Agama dalam Mewujudkan Pilkada Damai dan Harmoni”, Rabu (16/10/2024).

Acara ini bertujuan mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. Sebagai Key Opinion Leader (KOL), posisi Tokoh Agama memiliki peranan yang penting dalam menjaga kondusifitas kontestasi politik.

Baca Juga: Cabup Dhito Berkomitmen Tuntaskan Persoalan Guru Honorer di Kediri

Berlangsung di salah satu hotel di , kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD , Firdaus, Forkopimda, camat, lurah, dan OPD. Agar penyampaian materi berjalan dengan baik, juga mengundang Dr. KH. Zulfa Mustofa, Wakil Ketua Umum PBNU sebagai narasumber.

Melalui video , Pj Wali , , mengutarakan bahwa momentum Pilkada sering diiringi berbagai macam dinamika, mulai dari: polarisasi, hoax, ujaran kebencian, dan konflik yang dapat memecah belah masyarakat. 

Menurutnya, peran tokoh agama menjadi sangat penting sebagai pemimpin spiritual yang pengaruhnya sangat besar kepada masyarakat.

Baca Juga: Cawali Bunda Fey Minta Prodamas Kota Kediri Dilanjutkan

Sejalan dengan , Ahmad Zainudin, Kepala Bagian Kesra juga menilai bahwa Tokoh Agama memegang peranan penting dalam mengedukasi masyarakat, terutama jemaah dalam mimbar keagamaan.

“Momentum Pilkada merupakan momen penting bagi kita semua karena untuk menentukan masa depan. Jadi tidak hanya tokoh yang damai, tapi semua umat harus bisa menjaga kedamaian selama Pilkada ini,” ujar Zainudin.

Tidak hanya kepada Tokoh Agama, sinergitas yang dibangun Pemkot Kediri juga melibatkan TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas, camat, serta lurah.

Baca Juga: Di Manisrenggo Kota Kediri, Warga Dukung Bunda Fey Menang dan Lanjutkan Prodamas

“Harapannya bisa menyampaikan ke masyarakat bahwa diperlukan kedewasaan dalam berpolitik. Beda pilihan merupakan hal yang wajar yang terpenting jangan sampai memunculkan konflik di masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, KH Moch. Salim, Ketua menyebut bila kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat agar bahagia. 

Ia mengatakan bahwa semua agama mengajarkan kerukunan, keharmonisan, keguyuban walaupun berbeda pilihan.

Baca Juga: Pembangunan Ulang Jembatan Semampir, Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Pemkot Kediri

“Jadi kita mengajak masyarakat supaya ikut berperan terus kemudian menjaga persatuan dan kesatuan. Toh yang maju itu semua adalah saudara kita, jadi kita itu mendamaikan dan menyejukkan masyarakat,"ucapnya, seraya berharap agar kontestasi politik di berjalan kondusif dan tidak ada gejolak yang berarti. (uji/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO