Dam Gambiran Diproyeksikan Rampung Desember 2024, Petani Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Lumajang

Dam Gambiran Diproyeksikan Rampung Desember 2024, Petani Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Lumajang Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, saat memantau Dam Gambiran yang diperbaiki.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Dam Gambiran yang rusak akibat lahar dingin Semeru sudah mulai dibangun. Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, mengatakan bahwa proses rehabilitasi diperkirakan selesai pada Desember mendatang.

"Dam Boreng yang sejak 2018 jebol belum terselesaikan sekarang mulai dibangun, saat ini sudah 15 persen terselesaikan, InsyaAllah bulan Desember bisa difungsikan," ujarnya saat meninjau proses rehabilitasi Dam Gambiran yang berada di Kelurahan Rogotrunan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: RSUD Dr Soetomo Raih Paramakarya Dharmartha Husada, Pj Gubernur Jatim: Terus Optimalkan Layanan

Indah yang akrab disapa Bunda Yuyun itu mejelaskan, rehabilitasi Dam Gambiran menggunakan APBD Jawa Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Tahun Anggaran 2024 senilai Rp11,8 miliar. Selain pembangunan dam, ia menyebut juga membuat intake saluran air ke persawahan yang menelan dana sebesar Rp1,3 miliar. 

"Tidak hanya membangunkan Dam Gambiran, kita bangun intake, ada pipa yang mengalirkan air ke persawahan," katanya.

Pembangunan tersebut menjadi angin segar bagi para petani pemilik 278 hektare di 3 desa, yakni Blukon, Boreng dan Kelurahan Rogotrunan yang selama ini kekeringan air imbas dari jebolnya dam boreng.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Ajak Semua Pihak Bangun Sistem Pangan yang Tangguh dan Berkelanjutan

"Saya minta petani sabar terlebih dahulu, sementara ini menanam palawija dahulu, Insha Allah Desember ketika dam ini selesai lahan petani 278 hektar bisa ditanami padi kembali," ucap Bunda Yuyun.

Mengantisipasi musim hujan, Pj Bupati Lumajang mengungkapkan, proyek pembangunan dam dipercepat. Kendala seperti sulitnya pengadaan beton dapat diatasi dengan pembuatan beton melalui pengadaan mini batching plan.

"Saat ini kenapa (pengerjaan-red) masih 15 persen, salah satunya karena tanahnya berpasir, kita juga kesulitan pengadaan beton, makanya rekanan membuat mini batching plan sendiri untuk membuat beton," tuturnya.

Baca Juga: Survei ARCI Sebut 80,8 Persen Warga Puas Kinerja Pemprov Jatim di Sektor Kelautan dan Perikanan

Ia berharap, pembangunan Dam Boreng sesuai dengan time schedule, sehingga masyarakat khususnya petani yang terdampak akibat jebolnya bendungan segera dapat teratasi.

Sementara itu, masyarakat yang terdampak jebolnya Dam Gambiran merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Lumajang karena memperhatikan nasib para petani yang selama ini kekurangan air.

"Beberapa tahun tidak ada air sawah mengeri, alhamdulillah sekarang dam sudah diperbaiki, terima kasih Bu Yuyun," sebutnya. (ron/mar)

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 Antarkan UMKM Naik Kelas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO