Khofifah Dibuat Takjub saat Kunjungi Produksi Mobil Klasik di Sidoarjo

Khofifah Dibuat Takjub saat Kunjungi Produksi Mobil Klasik di Sidoarjo Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa, saat mencoba mobil klasik yang dibuat PT Inti Maju Cemerlang di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Indar Parawansa, berkunjung ke produksi otomotif pembuat modifikasi mobil klasik di kawasan Jemundo, pada Rabu (16/10/2024). Di bengkel PT Inti Maju Cemerlang itu, ia dibuat takjub dengan produksi yang dibuat, karena sudah ada 600 mobil klasik yang dihasilkan dengan metode handmade.

“Jadi di sini usahanya adalah memodifikasi mobil atau kendaraan baru menjadi kendaraan klasik, atau apapun, custom sesuai pesanan,” kata pemilik PT Inti Maju Cemerlang, Iwan Setiawan.

Baca Juga: Di Pasar Gedangan dan Betro Sidoarjo, Khofifah Didoakan Kembali Pimpin Jawa Timur

Menjalankan usaha sejak 2009, pihaknya mengaku saat ini sudah memiliki 125 pekerja yang semuanya memiliki keahlian dalam bidang mesin dan modifikasi bodi kendaraan.

“Keunggulan kami adalah dari personalianya. Jadi kalau ada yang ingin punya mobil klasik, kadang barangnya sudah langka, harganya mahal, maka kami bisa mewujudkannya dengan memodifikasi kendaraan baru menjadi mobil klasik mulai tahun 1928 dan seterusnya,” ucap Iwan sembari mengajak berkeliling.

Pada , ia juga menceritakan bahwa teknik yang digunakan di sini memang handmade. Dalam arti tidak menggunakan mesin industri. Melainkan hanya menggunakan peralatan konvensional yang dioperasikan dengan tangan saja

Baca Juga: Begini Alasan Nyai Bad Dukung Pasangan Dhito-Dewi di Pilkada 2024

“Untuk alatnya memang kami menggunakan kenteng dan palu, jadi handmade. Tidak ada mesin industri berat,” sebutnya.

Menanggapi hal itu, menyampaikan apresiasinya usaha ini. Bahkan menurutnya, usaha ini memiliki keunggulan yang menarik. 

Dengan metode handmade bisa menghasilkan kendaraan klasik berbagai jenis. Yang tentunya bernilai tinggi.

Baca Juga: Politisi PDIP Ungkap Alasannya Pilih Pasangan MUDAH di Pilbup Pasuruan 2024

“Ini keren. Industri otomotif tapi handmade. Ternyata ini true story. Dan karyawan yang beliau rekrut ini ada yang DO dari SMP, lulusan SMP, tapi hasilnya sangat keren. Sempat saya mengira bahwa yang mengerjakan adalah lulusan teknik mesin,” urai .

Artinya, imbuh wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini, hasil karya di sini adalah buah dari ketekunan dan keuletan dan juga kreativitas yang tinggi.

“Ini kaya inovasi demi inovasi dan kreativitas terus ditumbuhkan, padahal yang direkruit kategori unskilled labour. Pak Iwan telah memberikan ketelatenan bagi kita semua tentang mengembangan industri otomotif berbabis handmade tapi memberikan nilai tambah yang luar biasa,” paparnya.

Baca Juga: Debat Publik Pertama Pilkada Nganjuk 2024, Relawan Paslon Nomor Urut 1 Gelar Nobar

Tidak hanya itu, di bengkel ini juga tengah dikembangkan pembuatan hotel struktur capsule tahan gempa. Yang harapannya bisa menjadi sarana penyelamatan diri ketika terjadi bencana khususnya gempa.

Ke depan, berkomitmen untuk memberikan dukungan pada industri yang membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Bahkan pihaknya menyebut bahwa tenaga kerja di sini bisa dihubungkan dengan program kerjasama yang dijalin pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Jepang.

“Beberapa waktu yang lalu kami sempat bertemu dengan Dubes Jepang. Kemungkinan ada program magang berbasis otomotif, maka tenaga kerjanya bisa direkrut di sini usai magang. Tadi sempat saya tanyakan, kebutuhan-kebutuhan spesifik terkait tenaga kerja ternyata yang penting paham mesin, dusiplin dan mau kerja. Artinya nanti bisa dicocokkan kembali untuk kebutuhan spesifiknya,” jlentrehnya.

Baca Juga: Bunda Indah 'Diserang' di TikTok, Pegiat Medsos: Kandidat Terkuat

Yang unik di antara mobil klasik yang diproduksi di sini ada Jeep terbuka yang 5 tahun lalu digunakan dalam pawai kemenangan -Emil di periode pertama.

“Semoga nanti juga ikut mengantarkan kemenangan -Emil di periode kedua,” kata . (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO