3 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

3 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes 3 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Beberapa buah mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa memengaruhi di dalam tubuh. Penderita diabetes atau yang memiliki gula darah tinggi diimbau untuk membatasi jenis buah yang kandungan gulanya juga tinggi.

Meskipun begitu, pada umumnya buah aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan gula darah tinggi asalkan porsinya tidak berlebihan.

Baca Juga: Benarkah Jahe Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Faktanya

Dilansir dari Medical News Today, beberapa buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita gula darah tinggi ialah semangka, pisang yang terlalu matang, dan nanas.

Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan sehingga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius jika tidak dibatasi dengan ketat.

Penderita gula darah tinggi perlu membatasi porsi buah sebanyak satu porsi saja sekali makan dan menggabungkannya dengan makanan berprotein tinggi atau mengandung lemak sehat.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 19 Oktober 2024

Dilansir dari Mayo Clinic, porsi buah yang direkomendasikan untuk penderita gula darah tinggi adalah tidak lebih dari 15 gram karbohidrat sehingga perlu disesuaikan dengan jenis buah yang dikonsumsi.

Artinya, porsi aman untuk dikonsumsi ialah sebanyak setengah bagian pisang berukuran sedang, semangkuk semangka potong sekitar 150 gram dan satu atau dua potong kecil nanas.

Penderita gula darah tinggi perlu porsi buah yang lebih sedikit atau lebih banyak sesuai anjuran dokter.

Baca Juga: Resep Brownies Kukus, Camilan Manis untuk Akhir Pekan

Maka dari itu konsultasilah secara medis untuk mengetahui porsi buah yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh dan target gula darah yang perlu dicapai.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO