Polres Gresik Tindak Puluhan Truk Besar Langgar Aturan saat Operasi Zebra Semeru 2024

Polres Gresik Tindak Puluhan Truk Besar Langgar Aturan saat Operasi Zebra Semeru 2024 Petugas Satlantas Polres Gresik menghentikan salah satu truk besar dalam Operasi Zebra Semeru 2024. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polres Gresik tengah gencar melakukan 2024. Operasi kali ini dilakukan di wilayah jalur utara (Pantura), Kamis (24/10/2024).

Fokus utama dalam agenda tersebut adalah kendaraan berat (besar), khususnya truk. Petugas melakukan pengawasan terhadap jam operasional truk yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Terjaring Razia Operasi Zebra Semeru di Kota Kediri, Didominasi Sepeda Motor

Hasilnya, puluhan truk harus ditindak karena melanggar aturan lalu lintas, termasuk melanggar jam operasional.

"Truk hanya diizinkan melintas pada jam-jam tertentu untuk menghindari kemacetan dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kelelahan pengemudi," kata Kasatlantas Polres Gresik, AKP Derie Fradesca.

Dalam 2024, petugas juga memeriksa kelayakan muatan truk. Muatan yang melebihi kapasitas atau tidak terikat dengan benar dapat membahayakan pengguna jalan lain dihentikan.

Baca Juga: Satlantas Polres Sampang Amankan 1.563 Pelanggar Lalin Selama Ops Zebra Semeru

"Melalui operasi ini, diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan akibat muatan truk berlebih. Kami ingin masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Karena itu, selain penindakan, kami juga memberikan edukasi kepada pengendara," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Gresik, AKBP Arief Kurniawan, menyebut 2024 merupakan wujud komitmen untuk menciptakan daerah yang lebih aman dan nyaman. Ia berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam mewujudkan lalu lintas yang tertib.

"Dengan pelaksanaan 2024, diharapkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas semakin meningkat. Juga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan kendaraan berat," pungkasnya. (hud/mar)

Baca Juga: Gandeng RS Anwar Medika, Polsek Balongbendo PPGD dan TPTKP untuk Tangani Kegawatdaruratan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO