Pastikan Selesai Tepat Waktu, Pj. Gubernur Jatim Cek Progres Percetakan Surat Suara Pilkada

Pastikan Selesai Tepat Waktu, Pj. Gubernur Jatim Cek Progres Percetakan Surat Suara Pilkada Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat meninjau percetakan surat suara Pilkada di PT. Temprina, Kabupaten Gresik, Kamis (24/10/2024).

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur  meninjau langsung percetakan surat suara Pilkada di PT. Temprina, Kabupaten Gresik, Kamis (24/10/2024).

Didampingi Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto, Kapoksahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Ramli, peninjauan tersebut dalam rangka memastikan pencetakan surat suara selesai tepat waktu untuk digunakan pada Pilkada 27 November 2024.

Baca Juga: Sampaikan Nota Keuangan, Pj. Gubernur Adhy: Raperda APBD Tahun 2025 Sejalan Dengan RKPD Jatim 2025

"Setelah kami cek langsung, produksi kertas surat suara di PT. Temprina sebanyak 4.000 eksemplar per hari. InsyaAllah tanggal 5 November sudah selesai sesuai nilai kontrak dan akan didistribusikan ke 38 kabupaten maupun kota di Jatim," ujar Adhy.

Adhy menyebut, proses pencetakan surat suara ada di tiga lokasi, yakni Gresik, Nganjuk, dan Bawen.

Pembagian wilayah pencetakan surat suara Pilgub Jatim yaitu Bawen mengerjakan 16 kabupaten/kota, Nganjuk 5 kabupaten/kota, dan Gresik 17 kabupaten/kota.

Baca Juga: Gayengnya Sarasehan Perempuan Tangguh Driver Ojol Bersama Khofifah, Begini Suasananya

Sebagai informasi, total ada 32.090.910 lembar surat suara yang dicetak untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim. Sedangkan surat suara Pilbup/Pilwali di wilayah Jatim akan dicetak sebanyak 27.966.416 lembar.

Adhy optimistis PT. Temprina dapat mencetak kebutuhan surat suara tersebut tepat waktu. Ia menekankan pencetakan surat suara harus memperhatikan kualitas, kuantitas, serta tepat waktu dan tepat guna.

Baca Juga: Kunjungi Kampung Produsen Tas Anyam Jali di Ponorogo, Khofifah Siap Dukung UMKM Go Global

"Saya percaya Temprina yang sudah puluhan tahun menjadi penyedia jasa percetakan kertas surat suara agar Pilkada dapat berjalan aman, damai, dan lancar," kata Adhy.

Selama proses percetakan hingga distribusi, Adhy menegaskan KPU dan Bawaslu bersama Forkopimda bersinergi agar surat suara mulai dari cetak hingga distribusi berjalan lancar.

"Kami bersama-sama bersinergi agar pendistribusian surat suara hingga hari pencoblosan Pilkada di Jatim berjalan dengan lancar dan aman," tegasnya.

Baca Juga: ​Wujudkan Pendidikan Gratis Berkualitas, Pemprov Jatim Gelontor Anggaran Rp 7,1 Trilliun

Dalam kesempatan itu, Adhy juga mengingatkan terkait packaging pendistribusian surat suara agar dilakukan secara baik.

Hal ini perlu diperhatikan untuk mengantisipasi cuaca, sehingga kondisi keutuhan surat suara dan perlengkapan lain terjaga sampai di masing-masing kota maupun kabupaten di Jatim.

"Kami tadi sudah berkomunikasi, khususnya kepada Kapolda, agar dikawal mulai pendistribusian hingga sampai di gudang KPU masing-masing kabupaten maupun kota di Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: Jalan Sehat Bersama Ribuan Peserta, Pj. Gubernur Adhy: HSN Pererat Kebhinekaan

Terkait pendistribusian pengamanan surat suara, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto menegaskan sudah berkomunikasi dengan KPU dan Polres setempat yang akan menyiapkan personel untuk mengawal surat suara.

Termasuk untuk daerah terpencil, pendistribusian sudah disiapkan secara baik. Bahkan jika membutuhkan kapal untuk pengiriman surat suara, sudah berkoordinasi dengan Kodam.

Baca Juga: Kunjungi PO Bus Bagong di Malang, Khofifah Komitmen Wujudkan Konektivitas Transportasi Jatim

"InsyaAllah sesuai target setelah tanggal 5 November bisa di distribusikan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menambahkan, proses produksi, distribusi, hingga penyortiran surat suara di gudang logistik masing-masing KPU Kabupaten dan Kota telah direncakan dengan baik.

"Apalagi didukung Forkopimda Provinsi Jatim, maka kelancaran Pilkada serentak November 2024 dipastikan berjalan dengan baik," tutupnya. (dev/rev)

Baca Juga: Serahkan Penghargaan APJW 2024, Pj Gubernur Jatim Ingatkan Ada Ujian Kedua, Pilkada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO