Kampanye di Pasar Blimbing, Khofifah Ingatkan Pedagang Belajar Penjualan Online

Kampanye di Pasar Blimbing, Khofifah Ingatkan Pedagang Belajar Penjualan Online Cagub Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kampanye di pasar tradisional Blimbing, Kota Malang, (devi fitri afriyanti/BANGSAONLINE.com)

MALANG, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2, Indar Parawansa melakukan kunjungan kampanye di pasar tradisional Blimbing, Kota Malang, Jumat (25/10/2024) pagi.

Begitu masuk ke pasar, mendatangi dan menyapa sejumlah pedagang. Selanjutnya keliling ke hampir semua stan mulai dari yang menjual kebutuhan sehari-hari, kue, sayuran, hingga daging.

Baca Juga: Khofifah Minta Pemuda Aktif Jaga Kualitas Demokrasi di Peringatan Sumpah Pemuda

berbelanja di setiap stan pedagang yang didatangi, bahkan dia sempat membeli barang-barang kebutuhan yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang ada di pasar.

Tak ketinggalan, ia juga mendengarkan keluh kesah para pedagang yang berada di Pasar Blimbing, Kota Malang. Salah satunya, keresahan pedagang yang merasa selama ini lapak mereka sepi dari pembeli.

Merespons keluhan tersebut, gencar untuk memberikan edukasi terkait literasi digital. Menurutnya, penjualan sistem online sangat perlu diikuti.

Baca Juga: Vinanda-Gus Qowim dapat Pesan Peningkatan Industri Pariwisata dari Jokowi

"Sekarang harus dikuatin dengan penjualan online, itu mendesak, tidak boleh ada kata tidak bisa, artinya mungkin tidak pada penjual mungkin tapi kepada keluarganya atau ada ekosistem di pasar ini yang melalukan pendampingan, siapkan aplikasi, kemudian kan ada komandan pasar, jadi siapkan kerjasama dengan misalnya ojol," terang .

Ia mencontohkan, saat dirinya menjadi Gubernur Jatim periode 2019-2024 lalu, saat Pandemi Covid-19 melanda, ia mencetuskan program online bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menghidupkan penjualan pasar tradisional ditengah aturan pembatasan aktifitas.

"Sebenarnya Pemprov melakukan uji coba di mulai dari nol ketika lumbung pangan, kita bikin ketika ada covid, betul-betul kita kerjasama dengan ojol, bumdes, PT pos untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi pembeli, ada cod misalnya Drive Thru," ujar .

Baca Juga: Respons Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri soal Sejumlah Oknum Ngaku Kader dan Dukung Deny-Mudawamah

"Itu format-format yang sudah kita lakukan pada saat covid. Jadi panjenengan semua punya kemampuan untuk mengedukasi mereka, literasi digital, saya rasa itu kebutuhan yang sangat mendesak," terangnya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO