Pernah Obesitas, Andrian Kini Terapkan Pola Hidup Sehat dan Manfaatkan Layanan JKN

Pernah Obesitas, Andrian Kini Terapkan Pola Hidup Sehat dan Manfaatkan Layanan JKN Andrian Firmansyah

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Andrian Firmansyah (23) seorang pergawai swasta di kecamatan Kujang merasakan manfaat program .

Memiliki jaminan kesehatan juga tidak kalah penting sebagai langkah akhir perlindungan akan kesehatan. Program Jaminan Kesehatan Nasional () hadir untuk memberikan bantuan dan jaminan terhadap layanan kesehatan.

Baca Juga: Yayat Cadarajat Dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri yang Baru

Pria yang akrab disapa Andrian ini mengaku bahwa dirinya pernah mengalami sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kepercayaan dirinya secara fisik.

“Perjalanan diet saya dimulai ketika saya merasa dan menyadari kalau badan sudah tidak sehat dan tidak enak dipandang. Sejak SMA sekitar tahun 2016-2019 saya tidak peduli terhadap apa yang saya konsumsi. Alhasil tubuh saya selalu naik berat badannya hingga mencapai 98 kilogram dan berujung . Pada waktu itu saya tidak terlalu mempermasalahkan kondisi badan saya, tapi lama kelamaan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari sehingga memutuskan untuk mencoba hidup sehat,” tutur Andrian beberapa waktu lalu.

Andrian menuturkan jika dirinya mulai mengurangi makanan yang telah banyak melalui pemrosesan serta tambahan zat kimia seperti pengawet dan pewarna.

Baca Juga: Warga Ngadiluwih Kediri Jalani Operasi Caesar Dua Kali Secara Gratis Berkat JKN

Akhirnya Andrian beralih dari makanan yang sebelumnya kebanyakan ultra processed food menjadi makanan real food. dengan rutin mengonsumsi makanan alami yang minim proses dan tidak ada tambahan bahan kimia.

“Saya biasakan diri untuk banyak mengonsumsi real food seperti sayuran, daging tanpa lemak, dan telur yang tidak diolah secara berlebihan. Awalnya terasa berat ya, karena tidak terbiasa dengan makanan itu. Tapi karena memang fokus untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat akhirnya harus dipaksa dulu dan menjadi kebiasaan baru,” ucapnya.

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi, Andrian juga menjalani olahraga supaya tujuan untuk mendapatkan tubuh ideal yang sehat dan bugar dapat tercapai.

Baca Juga: Lewat Pandawa, BPJS Kesehatan Sidoarjo Permudah Pengurusan Administrasi JKN

Selain itu, Andrian juga menjaga pola tidur yang teratur karena kebutuhan akan istirahat yang cukup juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Berkat konsistensi tersebut, Andrian mampu menurunkan beratnya mencapai Body Massa IndexI (BMI) tubuh yang ideal.

“Selain mengubah pola makan, saya juga rutin berolahraga seperti jalan kaki tiap pagi atau jogging. Tidak lupa saya juga menjaga pola tidur yang teratur sekitar 7 hingga 8 jam per hari, karena dengan tidur yang cukup sangat membantu saya untuk menurunkan berat badan. Alhamdulillah yang tadinya 98 kilogram sudah turun ke angka 72 kilogram. Saat ini BMI saya sudah normal di angka 21,27,” tuturnya.

Andrian menyadari, menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan sebagai pencegahan pertama supaya terhindar dari penyakit.

Baca Juga: Cawagub Gus Hans Silaturahmi dengan Puluhan Gawagis Ponpes se-Kabupaten Kediri

Tidak cukup menerapkan hidup sehat, Andrian turut serta menjadi peserta supaya lebih terproteksi akan jaminan kesehatan.

Menurutnya, memiliki merupakan hal yang wajib dimiliki supaya mendapatkan kemudahan dalam pelayanan kesehatan jika suatu saat membutuhkannya.

“Setelah mengalami dan menjalani proses diet yang tidak mudah, saya baru menyadari ternyata menjaga kesehatan sangat perlu supaya tubuh tidak mudah terkena penyakit dan selalu bugar. Selain menjaga kesehatan juga harus memiliki jaminan lain yang lebih memadai untuk perlindungan jika suatu saat membutuhkan layanan kesehatan ketika berobat, yaitu dengan menjadi peserta ,” tutupnya. (uji/adv)

Baca Juga: Bersyukur Biaya Pengobatan Cindy dan Keluarga Dapat Terbantu Berkat JKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO