Amankah Konsumsi Teh Daun Kelor Setiap Hari? Ini Penjelasannya

Amankah Konsumsi Teh Daun Kelor Setiap Hari? Ini Penjelasannya Amankah Konsumsi Teh Daun Kelor Setiap Hari? Ini Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Teh daun kelor merupakan salah satu minuman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi teh daun kelor setiap hari dapat memberikan khasiat untuk tubuh. Namun, perlu diingat bahwa masih memerlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi efektivitasnya pada manusia.

Dikutip dari WEBMD, berikut 5 manfaat mengonsumsi teh daun kelor setiap hari:

Baca Juga: 3 Jenis Kegiatan Fisik untuk Mencegah Stroke

1. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kelor mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Teh daun kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi pembentukan plak di arteri, hal itu serupa dengan cara kerja obat statin.

Baca Juga: Resep Es Kelapa Kopyor Sarang Burung, Minuman Segar dan Nikmat

2. Mengontrol diabetes

Teh daun kelor dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal itu tentunya sangat penting bagi penderita diabetes.

Beberapa studi pada hewan menunjukkan hasil yang positif, di mana konsumsi kelor dapat menurunkan kadar glukosa setelah makan.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 27 Oktober 2024

Namun, hasil penelitian pada manusia masih bervariasi, dan lebih banyak studi yang masih diperlukan untuk memastikan efek daun kelor dalam mengontrol diabetes.

3. Mendukung pengobatan kanker

Daun kelor mengandung citral yang menunjukkan potensi sebagai anti kanker dalam beberapa penelitian laboratorium.

Baca Juga: 5 Efek Samping Mengonsumsi Daun Kelor secara Berlebihan

Hasil satu penelitian menunjukkan daun kelor mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi.

Meskipun studi ini baru dilakukan di laboratorium, hasilnya memperlihatkan bahwa teh daun kelor bisa digunakan sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kanker, tentunya dengan arahan dari ahli medis.

4. Menjaga kesehatan otak

Baca Juga: Resep Telur Dadar Bebek Daun Kelor, Cocok untuk Menu Sarapan Sehat

Teh daun kelor menunjukkan efek yang positif pada keseimbangan Kimia otak dan dapat menjadi potensi pengobatan alzheimer di masa depan.

Minum teh daun kelor secara rutin bisa menjadi cara sederhana menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Baca Juga: Viral Pernyataan Babe Haikal Terkait Sertifikasi Halal, Mahfud MD Beri Tanggapan Menohok

Daun kelor mengandung berbagai senyawa seperti tanning, polifenol dan saponin yang berperan dalam melawan penyakit kronis.

Senyawa tersebut dapat membantu melawan peradangan kronis, melindungi hati dari kerusakan dan menjaga kesehatan jantung serta metabolisme tubuh.

Minum teh daun kelor setiap hari bisa mendapatkan perlindungan tambahan dari berbagai penyakit kronis yang umum terjadi pada usia lanjut.

Baca Juga: Cara Membuat Mi Goreng Aceh, Tekstur Nyemek dan Bumbu Meresap

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO