Jadi Inspektur Upacara, Pj Gubernur Jatim Tegaskan Pentingnya Partisipasi Pemuda untuk Pembangunan

Jadi Inspektur Upacara, Pj Gubernur Jatim Tegaskan Pentingnya Partisipasi Pemuda untuk Pembangunan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke-96 bertema 'Maju Bersama, Indonesia Raya' di Gedung Negara Grahadi, Senin (28/10/2024). Upacara Peringatan kali ini dihadiri sekitar 1.623 undangan, baik dari jajaran Forkopimda Jatim, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan , serta 1.000 undangan masyarakat umum.

Adhy mengatakan, peringatan kali ini mengingatkan masyarakat untuk terus bersatu meski dari berbagai macam keberagaman. Hal tersebut dianggap penting untuk bersama-sama melakukan berbagai macam langkah mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas, dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk pembangunan.

Baca Juga: Jadi Keynote Speaker, Pj Gubernur Jatim Dorong Optimalisasi BUMD serta BLUD Kesehatan

"Salam Pemuda Maju. Marilah kita bersama-sama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, pemuda Indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan. Sebab, pemuda adalah pemilik masa depan.

Adhy menyebut, berdasarkan data Susenas Maret 2023, sekitar 21,09 persen penduduk Jawa Timur merupakan penduduk berusia 16-30 tahun. Artinya, lebih dari seperlima penduduk Jawa Timur merupakan pemuda.

Baca Juga: Peserta SKD CPNS Kemenkumham Diajak Ucapkan Sumpah Pemuda

“Jumlah ini menunjukkan bahwa Jawa Timur memiliki sumber daya pemuda yang cukup besar," katanya.

Hal itu, lanjut Adhy, akan sangat berarti jika diiringi dengan kualitas pemuda yang mumpuni. Oleh sebab itu, karena pembangunan SDM di kalangan pemuda merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai calon pemimpin di masa mendatang dan sebagai aktor intelektual penggerak pembangunan.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96

"Peran dan fungsi pemuda menjadi perhatian pemerintah untuk mengembangkan segenap potensi yang ada melalui penyadaran, pemberdayaan, pengembangan kepemudaan di berbagai bidang, sebagai bagian dari pembangunan nasional," sebutnya.

Dalam hal ini, Adhy menyampaikan pentingnya peran pemerintah daerah untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

"Oleh karena itu setiap upaya untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan pada tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena hal ini akan berdampak kepada perluasan cakupan dan jangkauan pelayanan kepemudaan semakin meluas hingga tidak ada satu orang pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan," paparnya.

Baca Juga: Harapan Pjs Wali Kota Pasuruan di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Adhy menuturkan di bidang olahraga, pembangunan event anak muda dan organisasi kepemudaan, memberi dukungan untuk bisa melaksanakan aktivitasnya

“Intinya tidak boleh tertinggal dalam partisipasi pembangunan," tuturnya.

Merujuk tema yang dipilih tahun 2024, Adhy menambahkan, tema yang dipilih menyampaikan pesan untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

Baca Juga: Khofifah Minta Pemuda Aktif Jaga Kualitas Demokrasi di Peringatan Sumpah Pemuda

"Upaya ini dilakukan dalam bentuk upaya memajukan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasi sebaik-baiknya baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah," ucapnya.

Selain itu juga diserahkan beberapa penghargaan berupa piagam, pin pemuda utama serta uang pembinaan oleh Pj. Gubernur Jawa Timur kepada 22 orang berprestasi dengan masing-masing kategori sebagai berikut, pemuda utama sebanyak 8 orang, pemuda utama terbaik 1 orang, pemuda pelopor bidang pendidikan 3 orang, pelopor bidang seni budaya 3 orang, pelopor bidang bidang pengelolaan Sumber Daya Alam, lingkungan dan pariwisata 3 orang, bidang pangan 2 orang, bidang inovasi teknologi 2 orang serta pemuda kreatif 1 orang.

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas prestasi kontribusi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang Pembangunan. Indonesia yang raya dan sejahtera memanggil partisipasi dan perjuangan pemuda Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Situs Ndalem Pojok Gelar Diskusi di Hari Sumpah Pemuda 2024

Di akhir acara, turut diramaikan dengan penampilan Tari Tanjung Gumirang Nusantara Wangi. Dilanjutkan dengan penampilan Wali Band. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO