1000 Banser Tuban Siap Ramaikan Hari Santri

1000 Banser Tuban Siap Ramaikan Hari Santri Pengurus GP Ansor Tuban saat silaturrahim dengan Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1000 Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) Tuban siap meramaikan dan menyambut hari santri nasional yang ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 22 oktober mendatang.

Rencananya, mereka akan lari maraton dari kantor Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) jalan Dipononegoro menuju lokasi Rest Area yang berada di Jalan Re Martadinata untuk melakukan apel. Tidak hanya sekedar apel, namun para tersebut akan melakukan kirab resolusi jihad sebagai wujud perlawanan kepada zaman kolonial Belanda.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tuban, Syafiq Sauqi kepada BANGSAONLINE.com, Senin (12/10) menyatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk mengenang resolusi jihad yang dilakukan para santri saat melawan kolonial Belanda. Selain itu, pada peringatan hari santri ini, Ansor telah mengajak kerjasama Polres dan Kodim Tuban.

“Alhamdulillah saat silaturrahim dan koordinasi dengan kapolres serta dandim terkait kegiatan tersebut, telah mendapatkan sambutan baik., dan beliau mendukungnya,” ungkap Syafiq.

Dandim Tuban berpesan supaya Banser di Tuban berperan aktif demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Sementara Kapolres Tuban, Guruh Arif Darmawan mengatakan, agar seluruh elemen termasuk GP Ansor ikut peran aktif menekan peredaran karnopen (pil koplo) di Tuban. 

“Alhamdulilalah, Polres Tuban di antara salah satu nominator Polres terbaik dalam bidang kinerja dan terobosan kreatif bersama 46 Polres se-Indonesia, dan Tuban nomor 1 di Jawa Timur, dengan dukungan dan kersama bersama GP Ansor semoga Polres Tuban ini akan semakin baik,” ungkap mantan Kapolres Donggala ini.

“Kami sangat berterimakasih pada sahabat-sahabat Ansor yang berkenan silaturahim dengan kita, tentunya hal ini juga sebagai spirit kami dalam menjaga keutuhan NKRI, karena kemerdekaan yang kita raih saat ini juga tidak lepas dari penjuangan para kiai NU,” kata Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO