Pemkot Surabaya Bakal Tambah Kawasan Baru CFD

Pemkot Surabaya Bakal Tambah Kawasan Baru CFD

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempersiapkan penambahan lokasi atau kawasan baru untuk kegiatan "Car Free Day" (CFD) di Jalan Ir. Soekarno atau Middle East Ring Road (MERR) yang rencananya mau dilaksanakan awal 2016.

Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Suraaya Novi Darmansyah, di Surabaya, Selasa, mengatakan lokasi persisnya CFD nantinya di antara perempatan Jl. Semolowaru dengan perempatan Jl. Klampis.

"Titik tersebut masih berupa usulan dan kemudian baru akan diuji coba pada awal tahun 2016 mendatang. Untuk di MERR kami akan melakukan uji coba," katanya. 

Menurut dia, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dan pemantapan dengan sejumah pihak di antaranya dengan Polrestabes dan Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya.

Novi menyebutkan kegiatan CFD di beberapa titik di Kota Pahlawan ini, selain bertujuan untuk mengurangi dampak polusi asap kendaraan, juga untuk memberi tempat bagi warga dalam hal menyalurkan hobi sepeda dan kegiatan olahraga yang aman dan nyaman dari gangguang asap knalpot kendaraan bermotor.

Apalagi di CFD itu, lanjut dia, warga bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma. Terkait ada kegiatan bisnis di dalamnya, pihak BLH hanya menyatakan, kegiatan bisnisnya tidak boleh memanfaatkan jalan raya.

Ia mengatakan jika misalnya ada pedagang sudah punya depot atau usaha di jalan itu, kemudian memanfaatkan warga yang berjalan-jalan boleh saja. Tidak menggunakan badan jalan maupun trotoar, karena memang itu dilarang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO