PCNU Surabaya Ajak Pelajar NU Kembangkan Konsep SDGs

PCNU Surabaya Ajak Pelajar NU Kembangkan Konsep SDGs

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota mengajak pelajar dan remaja NU mengembangkan masyarakat perkotaan dengan konsep SDGs (sustainable development goals) yang telah dicanangkan oleh Badan Perencanaan Nasional (Bappenas).

"Kami berharap pelajar NU harus berperan dalam konsep tersebut, sehingga generasi muda NU tidak menjadi obyek pembangunan," ujar Ketua NU Kota Muhibbbin Zuhri di acara Tasyakuran Hari Lahir ke-61 Ikatan Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) dan hari lahir ke-60 Ikatan Putri Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di kantor PCNU , Minggu (13/3).

Ia mengatakan SDGs adalah agenda yang masih baru di tahun 2016. Menurutnya peran yang diambil oleh IPNU dan IPPNU haruslah disesuaikan dengan segmen mereka di antaranya menghadapi problem remaja perkotaan.

Wujudnya, lanjut dia, adalah memperkuat peran remaja NU dengan membina berbagai komunitas remaja antara lain komunitas olahraga dan keterampilan. Selain itu, NU tetap komitmen dalam pemberantasan narkoba dan mengantisipasi kenakalan remaja.

Sementara itu, Ketua IPNU Agus Setiawan mengatakan generasi muda NU harus siap menjalankan konsep tersebut guna membangun ekonomi masyarakat Kota.

Ia menjelaskan SDGs adalah sebuah dokumen yang akan menjadi sebuah acuan dalam kerangka pembangunan dan perundingan negara-negara di dunia. Konsep SDGs melanjutkan konsep pembangunan Millenium Development Goals (MDGs) di mana konsep itu sudah berakhir pada tahun 2015.

"Jadi, kerangka pembangunan yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia yang semula menggunakan konsep MGDs sekarang diganti SDGs," ujar dia.

Menurut Kementerian Sosial ada tiga tujuan SDGs, yakni pertama SDGs diharapkan bisa mengakhiri segala bentuk kemiskinan di semua negara manapun, kedua SDGs bertujuan mengakhiri segala bentuk kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi dan mendorong pertanian secara berkelanjutan.

"Ketiga, target SDGs adalah menjamin adanya kehidupan yang sehat, serta mendorong kesejahteraan untuk semua orang di dunia pada semua usia," katanya. (lan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO