Setelah Puluhan Tahun Terminal Situbondo Dibongkar

Setelah Puluhan Tahun Terminal Situbondo Dibongkar Terminal Situbondo yang hendak ditinggikan dan tempat menunggu penumpang diperbaiki.foto:hadi prayitno/BANGSAONLINE

SITUBONDO (bangsaonline) - Setelah puluhan tahun tidak tersentuh dengan perbaikan-perbaikan besar, takhirnya terminal utama Kabupaten direnovasi. Renovasi terminal sudah berjalan beberapa minggu terakhir.

Lutfi Joko Prihatin, kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten , mengatakan, selain untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang sedang menunggu terminal ini ke depan ditargetkan menjadi obyek wisata serta menjadi tempat informasi umum.

“Untuk renovasi terminal saat ini hanya ditinggikan dan dilebarkan. Selain itu akan ruang tunggu penumpang akan diperbaiki karena sudah tidak layak,” terang Lutfi Joko Prihatin, kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten , Selasa siang (27/5/2014).

Luthfi mengakui, selama ini kondisi bangunan lama terminal kurang representative. Kondisi tersebut lebih parah bila ada bus-bus yang ukurannya tinggi, “Parkir bus sudah tidak layak karena bangunan tempat parkir kurang tinggi dan sangat mepet, jadi ada bus yang tidak bisa masuk parkir,” kata pria yang akrap disapa Joko P tersebut.

Seorang penumpang bus yang sedang menunggu di terminal, Makrufin, warga asal Surabaya juga menilai terminal yang ada saat ini terlalu kecil. “Terlalu kecil, apalagi ruang tunggunya kumpul dengan orang jualan dan pengamen,” katanya.

Luthfi menambahkan, renovasi terminal kali ini menggunakan dana bantuan dari pemerintah pusat. Namun, untuk selanjutnya tidak menutup kemungkinan akan menggunakan APBD untuk membuat terminal yang nyaman, aman dan bisa membuat betah calon penumpang bus atau pengunjung.

Selain rencana renovasi terminal dan ruang tunggu, Kata Luthfi pihaknya juga akan membangun sejumlah otlet untuk warga yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan adanya otlet UMKM tersebut diharapkan dapat mengenalkan produk asli .

Selanjutnya di terminal tersebut juga akan dibuat pusat informasi umum untuk kebutuhan masyarakat. Misalnya saja, wisatawan yang tiba dan hendak menginap di , tidak lagi bingung karena di terminal sudah ada informasi hotel atau penginapan lain. “Jadi tempat informasi umum, bisa informasi alamat hotel, rumah makan, tempat wisata, atau informasi umum lainnya,” pungkas Joko P.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO