Bisa Dituntut, Ketua MUI Jatim Minta Masyarakat Laporkan Holland Bakery

Bisa Dituntut, Ketua MUI Jatim Minta Masyarakat Laporkan Holland Bakery Surat edaran berkop Holland Bakery yang beredar di sejumlah perusahaan pelanggan. Foto kanan, KH Abdusshomad Buchori, Ketua MUI Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH Abdusshomad Buchori minta masyarakat Jawa Timur melaporkan Holland Bakery yang salah satu produknya, yaitu blackforest mengandung rhum atau rum. Rum adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) yang haram dikonsumsi umat Islam.

”MUI itu kan istijabiyah, artinya responsif. Kalau ada laporan dari masyarakat berupa keberatan terhadap produk tertentu laporkan saja ke MUI Jatim. Nanti kita tindaklanjuti. Kita teliti dan kita minta pemerintah untuk bertindak,” tegas KH Abdusshomad Buchori kepada BANGSAONLINE.com, Rabu malam (21/9).

Permintaan Ketua Umum MUI Jatim ini dilontarkan setelah ia mencermati perkembangan masyarakat Jawa Timur yang makin hari makin banyak ulama, kiai, mahasiswa, tokoh masyarakat, aktivisi organisasi bahkan pejabat seperti bupati dan anggota DPRD yang mulai menangkap keresahan masyarakat Jawa Timur terhadap salah satu produk Holland Bakery yaitu blakcforest yang disinyalir mengandung rum. Tapi pihak Holland Bakery tak memberi penjelasan kepada masyarakat.

Bahkan di beberapa perusahaan pelanggan produk Holland Bakery di Jawa Timur ditemukan semacam edaran bahwa Holland Bakery telah punya untuk Serpong Tangerang, Pekanbaru, Jakarta dan Batam. Dalam edaran yang tanpa tandatangan dan hanya ditulis Manajemen Pusat Holland Bakery itu disebutkan bahwa produk Holland Bakery semuanya berasal dari bahan baku halal bebas dari babi dan anak turunannya.

Tak jelas, apakah edaran itu benar-benar berasal dari Holland Bakery atau palsu. Yang pasti, hasil konfirmasi BANGSAONLINE.com ke MUI Pusat hingga kini belum pernah mengeluarkan untuk produk Holland Bakery.

”Belum pernah. Itu (Holland Bakery) nakalan,” ungkap seorang kiai pengurus MUI Pusat kepada BANGSAONLINE.com yang enggan namanya dikutip. Ia enggan dikutip karena di MUI Pusat masalah produk Holland Bakery ini sedang dibahas dalam rapat.

BERITA TERKAIT: 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO