Hari Santri di Sidoarjo, Bazar Produk Santri hingga Malam Munajat 1000 Santri

Hari Santri di Sidoarjo, Bazar Produk Santri hingga Malam Munajat 1000 Santri TABUH REBANA: Bupati Sidoarjo dan Forpimda membuka pagelaran seni budaya dalam rangka HSN 2016 di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (21/10) malam. foto: mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Beragam kegiatan digelar untuk memperingati (HSN) 2016 pada 22 Oktober di Kabupaten Sidoarjo. Di antaranya Pameran Produk Santri yang digelar di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (21/10) hingga Minggu (23/10). Terdapat 72 stan dalam pameran yang mempromosikan produk kaum santri ini.

Pameran tersebut resmi dibuka Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah didampingi Wabup H Nur Ahmad Saifuddin, dengan melepas balon udara yang disertai simbol Hari Santri dan Banom NU Sidoarjo, di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (21/10) sore tadi.

"Tidak hanya mumpuni dalam bidang agama, ini bukti santri juga piawai dalam berwirausaha," cetus Bupati H Saiful Ilah.

Selain pameran produk santri, pada hari yang sama, juga digelar pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah, di mana akan diawali dengan Tabuh 22 Rebana Mahallul Qiyam, yang dilakukan Kiai dan Pejabat Forpimda Sidoarjo, Jumat (21/10) malam.

"Setelah itu dilanjutkan dengan Ketoprak Santri Resolusi Jihad oleh pelawak Kartolo CS," cetus Penanggung Jawab Gebyar , Dr H Fatkul Anam, MSi.

Menurut Fatkul Anam, peringatan HSN 2016 bertema Bakti Santri Untuk Negeri. Sejumlah rangkaian kegiatan memperingati Hari Santri, diharapkan membangkitkan kebanggaan santri se-nusantara, bahwa mereka pemilik saham terbesar di negeri ini.

Selanjutnya, digelar Upacara Hari Santri pada Sabtu (22/10) pagi yang diikuti oleh 22 peleton dari Lembaga dan Banom PCNU Sidoarjo. Kegiatan dilanjutkan pada Sabtu (22/10) malam, bertajuk Malam Munajat 1000 Santri yang bakal dihadiri diantaranya KH Zawawi Imron, yang memiliki julukan Si Celurit Emas. Gebyar Hari Santri diakhiri dengan kegiatan Jalan Sehat Santri yang bakal diikuti 22 ribu peserta, pada Minggu (23/10).

Sementara malam Pagelaran Seni Budaya, Jumat (21/10) malam, menyuguhkan pertunjukan wayang Walok-Walik, dengan dalang Jumali, salah satu pengurus Lesbumi Pusat, yang berasal dari Malang. Lalu dilanjutkan Ketoprak Santri Resolusi Jihad oleh pelawak Kartolo CS. Sebelum pagelaran seni, digelar pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah.

Pagelaran seni dalam rangka HSN 2016 ini dibuka simbolis oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, dengan memukul rebana. Kala membuka acara, bupati didampingi di antaranya Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD H Sullamul Hadi Nurmawan, Kapolresta Sidoarjo AKBP Muh Anwar Nasir. Selain itu hadir Ketua PCNU Sidoarjo KH Abdi Manaf. Beberapa anggota DPRD Sidoarjo juga hadir, diantaranya Ketua FPKB Ahmad Amir Aslichin. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO