Tahun 2020, Astra Targetkan Bangun 500 Kilometer Tol Trans Jawa

Tahun 2020, Astra Targetkan Bangun 500 Kilometer Tol Trans Jawa Tasyakuran dengan pemecahan kendi jelang beroperasinya tol Joker seksi 3 di gerbang tol Mojokerto Barat, Senin (28/11). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – PT Astratel Nusantara selaku anak usaha dari PT Astra Internasional menargetkan pembangunan tol sepanjang 500 kilometer di Pulau Jawa selesai pada tahun 2020 mendatang. Kini, perusahaan otomotif itu mengklaim sudah menuntaskan proyek transjawa tol sepanjang 300 kilometer.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur PT Astra Internasional, Paulus Bambang Widjanarko saat menghadiri tasyakuran atas selesainya proyek tol Joker (Jombang-Mojokerto) seksi 3 di gerbang tol Mojokerto Barat, Senin (28/11).

“Pada tahun 2020 kami targetkan tol sepanjang 500 kilometer terbangun di pulau jawa. Sekarang sudah tercapai 300 kilometer,” ujarnya kepada awak media.

Paulus menjelaskan, untuk 300 kilometer tol yang sudah dibangun itu berada di penghubung Tangerang-Merak, Semarang-Solo, dan Mojokerto-Jombang. “Sampai sekarang memang masih ada kendala, di antaranya pembelian lahan untuk pembangunan tol itu,” tandasnya.

Seperti diketahui, Astratel Nusantara Tbk bergerak di sejumlah sektor infrastruktur, antara lain jalan tol, pelabuhan, dan pengolahan distribusi air bersih. Di bisnis jalan tol, perseroan memiliki lima perusahaan pengusahaan jalan tol antara lain PT MHI (Marga Harjaya Infrastruktur) yang saat ini mengerjakan proyek ruas tol Jombang-Mojokerto (Joker) sepanjang 40,5 kilometer yang terbagi 4 seksi.

Keempat seksi itu yakni, seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer menghubungkan Jombang barat hingga Jombang Utara telah beroperasi sejak 13 Oktober 2014. Seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer menghubungkan Jombang Utara hingga Mojokerto Barat yang saat ini masih dalam proses kontruksi. Seksi 3 sepanjang 5 kilometer yang menghubungkan Mojokerto barat hingga Mojokerto Utara, mulai beroperasi 1 Desember 2016. Serta seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer menghubungkan Jombang Barat hingga tol Solo-Kertosono yang saat ini sedang dalam proses konstruksi. (rom/ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO