Pembangunan Rampung, Embung Sanganom Sudah Bisa Dimanfaatkan Warga

Pembangunan Rampung, Embung Sanganom Sudah Bisa Dimanfaatkan Warga Tampilan embung Sanganom.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Embung Sanganom seluas 5 hektare, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan sudah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat sekitar.

“Sudah selesai sejak pertengahan November 2016 lalu,” kata Kepala Dinas PU Pengairan dan Pertambangan Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka. “Bahkan sejak 4 Desember sudah difungsikan,” tambah Hanung, saat ditemui di kantornya, Rabu (28/12).

Hanung menjelaskan, proses pembangunan embung Sanganom dilakukan dua tahap. Tahap pertama direalisasikan tahun 2015 dengan gerojokan dana Rp 6,5 miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk persiapan lahan dan pembangunan kontruksi sekitar 6 meter.

Sisanya, dilangsungkan tahun 2016. Di mana, anggarannya mencapai Rp 4,5 miliar. Dana ini, untuk peninggian kontruksi yang mencapai total 12,5 meter. “Dananya bersumber dari APBN. Proyek ini direalisasikan oleh BBWS Brantas,” sampainya lagi.

Untuk daya tampung air di embung Sanganom, bisa mencapai 600 ribu meter kubik. “Jadi, selain konservasi alam maupun penyediaan air baku untuk kebutuhan mencuci ataupun mandi, ke depan juga diupayakan untuk bisa menjadi sarana air minum bagi masyarakat,” tuntasnya.

Hingga akhir 2016 ini, total jumlah embung di wilayah Kabupaten Pasuruan mencapai enam titik. Di antaranya, embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo; embung Kertosari, Kecamatan Purwosari; embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang; embung Krikilan, Kecamtan Kejayan; embung Kalisat, Kecamatan Rembang dan embung Sanganom di Nguling. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO