Petani Tenggalek Dimanjakan dengan mesin Rice Transplanter

Petani Tenggalek Dimanjakan dengan mesin Rice Transplanter Penggunaan sarana mesin untuk tingkatkan produktivitas pertanian.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak secara resmi mencanangkan Gerakan Tanam Padi dengan Mesin Tanam Padi / Rice Transplanter, di area persawahan Dusun Dempok Desa Karanganom Kecamatan Durenan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 0806/Trenggalek Mayor Inf Misirin, Kadis Pertanian Kab. Trenggalek Joko Surono dan Ketua Persit KCK Cab XX Kodim 0806/Trenggalek Lucia Bayu Argo Asmoro serta petani Ds. Karanganom.

Dalam kesempatan itu, Bupati Trenggalek didampingi Kasdim 0806/Trenggalek berkesempatan menanam padi dengan menggunakan Rice Transplanter.

Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak menyampaikan bahwa dengan menggunakan mesin tanam Rice Transplanter, manfaat yang akan didapatkan para petani sangat banyak. Di antaranya waktu tanam akan menjadi efisien karena lebih cepat dan hemat serta tidak perlu biaya banyak untuk tanam.

Lebih lanjut, Bupati juga meminta para Petani lebih sigap dalam mengatasi hawa wereng batang coklat. Ia mengaku sudah meminta Dinas Pertanian agar melaksanakan pelatihan kepada Kelompok Tani tentang cara mengantisipasi hama wereng batang coklat.

Terkait masalah pupuk, Emil mengungkapkan Pemkab telah berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Timur agar kebutuhan Pupuk Tahun 2017 di Kabupaten Trenggalek ditambah sehingga nantinya tidak ada kelangkaan masalah Pupuk di wilayah Trenggalek.

Sementara Kasdim 0806/Trenggalek berharap agar para petani memanfaatkan secara maksimal teknologi alat tanam tersebut sehigga musim tanam dapat dilakukan secara serentak.

Selain pencanangan Gerakan Tanam Padi dengan Mesin Tanam Padi / Rice Transplanter, Bupati Trenggalek juga menyerahkan klaim perdana Asuransi Usaha Tanan Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) Tahun 2016 kepada para Petani. (*/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO