Kamis, 13 Mei 2021 05:50

UNAIR Dipercaya PWI Jatim untuk Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

Rabu, 05 April 2017 10:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Khasanah Yulistiani
UNAIR Dipercaya PWI Jatim untuk Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Airlangga dipercaya oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Jawa Timur untuk memfasilitasi uji kompetensi wartawan. Uji kompetensi itu sebagai langkah meningkatkan kualitas wartawan sebagai pemberi kabar.

Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak., CMA., menyatakan pihaknya siap membantu untuk hal tersebut. Ditemui awak media di ruang kerjanya, Nasih menjelaskan bahwa saat ini UNAIR tengah memproses penyusunan kurikulum dan materi uji.

“Jurnalistik ini adalah tugas mulia, sebagai penyampai pesan dan kabar sebagaimana Nabi. Untuk itu UNAIR siap membantu,” ujar Nasih.

Sebelumnya, di sela peringatan acara puncak perayaan Hari Pers Nasional di Gedung Negara Grahadi beberapa pekan lalu, Ahmad Munir selaku Ketua Umum PWI Jatim menuturkan, peran media hari ini sangat sentral. Oleh karena itu, kualitas berita yang dihasilkan harus bisa dipercaya oleh publik.

BACA JUGA : 

Jelang Lebaran, PWI Sidoarjo Bagi-bagi Sembako ke Sopir Angkot

Pengurus PWI Ngawi Resmi Dilantik

PWI dan IJTI Kota Mojokerto Gelar Teatrikal Kecam Aksi Kekerasan, Forkopimda Lepas Merpati

IJTI, AJI, dan PWI Gelar Aksi Solidaritas Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo

“Media kalau tidak berkualitas, bisa tidak dipercaya oleh publik. Untuk itu kami menggandeng perguruan tinggi untuk bantu proses uji profesionalitas wartawan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Informasi dan Humas UNAIR Drs. Suko Widodo, M.Si., menjelaskan bahwa timnya tengah menyiapkan dan menyusun kurikulum dan materi uji.

Ia juga menambahkan bahwa semua jurnalis yang bergerak di media cetak, radio, televisi, dan online akan diikutsertakan untuk melakukan uji kompetensi.

“Kita kan punya program studi Ilmu Hukum, Komunikasi, dan Sastra. Jadi. sangat tepat PWI menggandeng kami (UNAIR),” terangnya. “Uji kompetensi ini sebagai cara kita membantu peningkatan kualitas jurnalisme bagi para pekerja media,” tambah Suko. (yul/dur)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...