Ini Bahayanya Bagi Kesehatan jika Menonton Televisi Terlalu Lama

Ini Bahayanya Bagi Kesehatan jika Menonton Televisi Terlalu Lama

Oleh: Lely Zuliana*

TELEVISI adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Dewasa ini, televisi tentu tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, baik untuk mencari informasi terkini, maupun sekadar mencari hiburan. Dari televisi, kita bisa mendapat banyak informasi yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Namun, tahukah Anda bahwa televisi memiliki efek buruk jika ditonton terlalu lama. Mungkin sebagian dari masyarakat hanya mengetahui jika menonton televisi terlalu lama dapat menyebabkan sakit mata, tetapi selain itu, masih banyak masalah kesehatan lain yang ditimbulkan akibat terlalu lama menonton televisi. Misalnya, penyakit degeneratif dari penuaan dan bahkan penyakit kronis.

Berikut ini berbagai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan:

1. Sakit mata

Menonton televisi terlalu lama dapat menyebabkan sakit mata, terutama ketika menonton televisi di ruangan yang gelap. Mata memfokuskan pada salah satu objek televisi yang dapat membuat mata tegang, dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama mata bisa sakit.

2. Jam tidur malam yang tidak teratur

Tubuh membutuhkan waktu istirahat malam yang cukup untuk mempertahankan tubuh itu sendiri. Menonton televisi terlalu lama hingga larut malam akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO