Peringati Harlah Pancasila, Bupati Blitar Sambut Rombongan Megawati di Pendopo Ronggo Hadi Negoro

Peringati Harlah Pancasila, Bupati Blitar Sambut Rombongan Megawati di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Bupati Blitar Rijanto saat menyambut rombongan Megawati di Pendopo Ronggo Hadi Negoro. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto menyambut kedatangan rombongan presiden ke lima RI Megawati Soekarno Putri di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Senin (05/06). Kedatangan rombongan Megawati beserta menteri kabinet Jokowi dan pimpinan daerah dari di Blitar tersebut adalah dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila dan Bung Karno, yang digelar di Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar.

Sebelum acara inti yang digelar di MBK dimulai, rombongan memang diagendakan melaksanakan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Pemkab Blitar. Sekitar pukul 17.00 WIB rombongan Megawati Soekarno Putri tiba di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Bupati Blitar Rijanto yang menyambut langsung rombongan menyatakan peringatan hari lahir Pancasila dan Bung Karno tahun ini memang cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional, tahun ini juga diperingati dalam perhelatan berskala nasional pertama kali di Blitar.

"Tentunya kita sangat bangga menyambut kedatangan rombongan bu Mega untuk memperingati hari lahir Pancasila dan Bung Karno di Blitar," tutur Rijanto kepada wartawan, Senin (05/06).

Rijanto mengungkapkan bulan Juni memang diperingati sebagai bulan Bung Karno. Di mana pada selain tanggal 1 Juni merupakan hari lahir Pancasila, 6 Juni merupakan hari lahir Bung Karno, dan 21 juna merupakan tanggal wafatnya persiden pertama RI tersebut.

Menurut Rijanto, peringatan hari lahir Pancasila dan Bung Karno tahun ini harus dijadikan momentum bagi seluruh bangsa Indonesia utamanya warga Blitar untuk mempererat kesatuan dan persatuan. Serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Mengingat saat ini banyak sekali oknum-oknum yang ingin memecah belah NKRI. Selain itu, Rijanto sebagai pimpinan daerah juga menegaskan jika bagaimanapun Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh digantikan oleh apapun.

"Ini harus dijadikan momentum bersama untuk menjaga persatuan bangsa, terlebih peringatan hari lahir Pancasila tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan," imbuhnya.

Sementara itu Sekjen Hasto Khristiyanto mengatakan, setelah buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah, rombongan akan langsung bertolak ke MBK untuk rangkaian acara selanjutnya. Kata Hasto, selain Megawati dan keluarga, ikut bersama rombongan Menkumham Yasona Laoly, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Jateng, Plt Gubernur DKI Jakarta, Wagub Papua Barat, dan Wagub Jatim. "Setelah dari pendopo acara dilanjutkan di MBK, dan semua rombongan," tuturnya.

Pantauan wartawan di lapangan, rombongan meninggalkan pendopo Ronggo Hadi Negoro Pemkab Blitar tepat pukul 18.30 WIB. Selanjutnya rombongan bergerak ke MBK untuk melaksanakan Sholat Tarawih serta orasi kebangsaan oleh Megawati Soekarno Putri. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO