​Sisihkan Ribuan Peserta, Santri Pasuruan Juarai Lomba Baca Kitab Kuning PKS

​Sisihkan Ribuan Peserta, Santri Pasuruan Juarai Lomba Baca Kitab Kuning PKS Muhammad Alhabib, santri Pondok Pesantren Darul Lughah Wadda'wah, Pasuruan, menerima piala dan hadiah uang dari Ketua Majelis Syuro DPP PKS Habib Salim Segaf Al Jufrie.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur membuktikan predikatnya sebagai provinsi santri. Terbukti, santri asal Jawa Timur menjadi juara dalam lomba baca kitab kuning tingkat nasional. Muhammad Alhabib, 21 tahun, Santri asal Pondok Pesantren Darul Lughah Wadda'wah, Raci, Pasuruan, menjuarai Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Nasional yang diselenggarakan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR RI. Lomba tersebut diselenggarakan pada 22 Oktober 2017 di Kompleks Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta.

Ketua Bidang Pembangunan Umat DPW PKS Jatim Ibnu Shobir, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membuat utusan Jatim menjadi juara pada Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional ini.

"Kami bersama Fraksi PKS DPRD Jatim selaku penyelenggara di Jatim menyampaikan terima kasih kepada para pengasuh Pondok Pesantren se-Jatim yang telah mengirimkan santri nya pada Lomba di bulan Ramadhan dan Syawwal lalu,” ujar alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang itu, Selasa (24/10).

Ibnu Shobir juga menambahkan bahwa prestasi ini membuktikan bahwa Jawa Timur adalah pusat dan barometer Santri nasional. Karena itu sangat layak jika Hari Santri Nasional berawal dan selalu berporos di Jawa Timur.

"Memang secara kualitas, tahun ini peserta tingkat Jatim meningkat. Ini tentu peran dari para Kyai di Pondok Pesantren masing-masing," ujar Shobir yang juga anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya ini.

Sementara itu, Muhammad Alhabib menjadi juara setelah menyisihkan 1094 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti babak penyisihan di masing-masing daerah sejak bulan Ramadhan lalu. Muhammad Alhabib adalah Santri Pondok Pesantren Darul Lughah Wadda'wah pimpinan Habib Zain bin Hasan bin Ahmad Baharun.

Alhabib pada awalnya mengikuti seleksi Lomba Baca Kuning tingkat Probolinggo-Pasuruan pada bulan Ramadhan lalu, dan mendapatkan juara 1. Selanjutnya Alhabib kembali berlaga di Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Jawa Timur pada bulan Syawal bertepatan tanggal 16 Juli 2017, dan kembali mendapatkan juara pertama dan berhak mewakili Jatim pada Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional.

"Sebetulnya saya merasa belum pantas menjadi juara. Saya lihat teman-teman peserta yang lain banyak yang lebih menguasai," ujar pria muda yang berpembawaan tenang ini. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO