Demokrat dan PKS Jatim Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir di Pacitan

Demokrat dan PKS Jatim Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir di Pacitan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPD Partai Demokrat Jawa Timur mengirimkan bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana alam banjir dan longsor di Pacitan. Bantuan tersebut akan terus berdatangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat Pacitan sebagai korban terdampak di kabupaten tersebut.

“Kami sudah kirimkan bantuan kemanusiaan ke Pacitan sehari setelah banjir menyerang kabupaten tersebut,” ungkap Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio dikonfirmasi, Rabu (29/11).

Renville mengatakan dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan pihaknya menggandeng BPBD Jatim dan BPBD kabupaten setempat untuk penyaluran bantuan tersebut.

Pria yang juga wakil ketua Komisi C DPRD Jatim ini mengatakan selain bantuan kemanusiaan, pihaknya sedang mengupayakan untuk membantu penyediaan perahu karet untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan tersebut ke masyarakat Pacitan.

"Dari BPBD Jatim ada 2 perahu karet. Kami akan upayakan ada lima perahu karet agar lebih bisa menjangkau untuk pendistribusian bantuan tersebut dan membantu untuk melakukan evakuasi warga ketempat aman,” jelasnya.

Sedangkan anggota fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Sri Subianti mengatakan bantuan kemanusiaan yang dikirimkan partai Demokrat di antaranya makanan siap saji, selimut dan beberapa kebutuhan masyarakat untuk sehari-harinya.

“Rencananya untuk pemenuhan dapur umum akan segera didirikan ditempat pengungsian,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur, Arief Hari Setiawan mengungkapkan, PKS berempati terhadap para korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan. Karena itu, Pusat Khidmat PKS Jatim menerjunkan relawan guna menyalurkan berbagai bantuan dan melakukan pertolongan kepada warga yang masih terisolir banjir. Pusat Khidmat mendirikan Posko di kecamatan Ngadirojo. Posko Bantuan juga didirikan di kabupaten terdekat yakni Ponorogo.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim periode 2009-2014 itu, kebutuhan warga Pacitan yang sangat mendesak adalah perahu karet, bahan pangan sembako, selimut, pakaian, dan obat-obatan. Pihaknya juga siap menampung dan menyalurkan bantuan masyarakat, bantuan tersebut bisa disalurkan melalui Pusat Khidmat PKS Jatim Jl. Gayungsari Barat X No. 33, Ssbelah Timur Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Telepon (031) 8292843. Atau melalui Kantor DPD PKS di masing-masing Kota/Kabupaten se-Jawa Timur.

“Posko bayangan PKS di kantor DPD PKS Ponorogo juga telah membagikan nasi bungkus ke korban banjir. Sementara usaha mengirim perahu karet dan ambulan masih terus dilakukan mengingat jalur transportasi yang terputus. Saya sudah perintahkan relawan dan kader PKS harus bisa masuk ke lokasi bencana. Ini bentuk hidmat kita pada sesama,” pungkas Arief. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO