Bakar Sampah, Hutan 4 Hektare Ludes Dilalap Api

Bakar Sampah, Hutan 4 Hektare Ludes Dilalap Api Sejumlah warga saat berupaya memadamkan api.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Aksi bakar sampah yang mengakibatkan kebakaran lahan kembali terjadi di , Rabu (25/7) petang lalu. Kali ini, lahan hutan jati dan sengon milik Joko dan Darti yang berlokasi di RT 03/RW 02 Dusun Pucangrejo, Kelurahan Pucangsewu dan Desa Sumberharjo, Kecamatan/Kabupaten , ludes dilalap si jago merah. Seluruh tanaman jati dan sengon yang tersebar di lahan seluas kurang lebih 4 hektare tersebut gosong menjadi abu.

Kabid Trantibum Satpol PP Pemkab , Purbo Hermanu menuturkan, peristiwa kebakaran hutan itu kali pertama diketahui oleh Bagus, warga setempat yang melintas di sekitar lokasi. Mengetahui ada hutan terbakar, ia pun berinisiatif menghubungi si pemilik lahan serta melaporkan kejadian itu ke Serda Sriyanto, anggota Babinsa dan Kopda Nur Wahyono, anggota Babinkamtibmas desa setempat.

"Lokasi kebakaran sangat berdekatan dengan permukiman warga, kurang lebih sekitar 400 meter. Sehingga kalau kobaran api tidak segera teratasi dikhawatirkan akan terus merembet ke kawasan permukiman," ujarnya, Kamis (26/7).

Upaya warga untuk memadamkan amuk api dengan peralatan seadanya tampaknya tak membuahkan hasil. Api justru kian membesar lantaran tiupan angin saat itu sangat kencang. Bahkan satu jam pasca kejadian, api terus menjalar ke lahan atas yang dipenuhi semak belukar dan ceceran daun kering.

"Setelah dilakukan upaya pemadaman yang melibatkan banyak warga, api akhirnya bisa dipadamkan sekitar dua jam dari awal terjadinya kebakaran," tutur Purbo.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu. Namun kerugian material yang muncul akibat musibah tersebut ditaksir senilai Rp 20 juta lebih. Sementara itu, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas kasus kebakaran hutan tersebut. Sebab kuat diduga sumber api berasal dari aksi pembakaran sampah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Api Habiskan Rumah Warga Bulukumba':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO