MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu

MUI Gresik Ajak Umara dan Tokoh Masyarakat Perkuat Ukhuwah Basyariah Pasca Pemilu Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori bergandengan tangan dengan ulama' dan Forkopimda Gresik dalam acara silaturrahim yang digelar MUI Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar acara Silaturahim Ulama dan Umara di Aula Masjid Agung Malik Ibrahim Gresik, Selasa (9/7).

Acara yang mengusung tema "Meneguhkan Spirit Islam Wasathiyah dalam Menjaga Harmonisasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" ini dihadiri sejumlah ulama, Forkopimda, Ormas, OKP, Rektor, Ketua Perguruan Tinggi (PT), dan elemen lainnya di Kabupaten Gresik.

Mereka di antaranya Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori, Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq, KH. Robbach Ma'sum, Wabup Moh. Qosim, Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro, dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko.

KH. Mansoer Sodiq dalam sambutannya menjelaskan maksud daripada kegiatan tersebut, yakni untuk mengajak Umara serta seluruh masyarakat agar menjalin ukhuwah, khususnya ukhuwah basyariah. Hal ini penting untuk menurunkan tensi dan kesenjangangan usai momentum Pileg dan Pilpres 2019.

"MUI mengajak seluruh masyarakat untuk menjalin ukhuwah kembali, momentum Pileg dan Pilres yang lalu biarlah berlalu. Sekarang, mari kita rawat kembali, kita satukan kembali kebersamaan-kebersamaan yang telah renggang ini," ujar Kiai Mansoer.

Wakil Bupati Moh. Qosim mendukung langkah yang dilakukan Kiai Mansoer Shodiq melalui MUI Gresik. Menurutnya, acara seperti ini penting untuk dilaksanakan guna menyatukan masyarakat pasca Pileg dan Pilres lalu. "Saya selaku Umara sangat mengapresiasi atas langkah-langkah yang dilakukan oleh MUI Gresik. Karena hal ini sangatlah positif," katanya.

Sementara dalam kesempatan itu KH. Abdusshomad banyak memberikan tausiyah tentang pentingnya Islam Wasathiyah. Selanjutnya, acara ditutup dengan Deklarasi Damai oleh jajaran Ulama dan Umara. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO