Rabu, 16 Juni 2021 14:27

Pemkab Gresik Usung Budaya Nusantara di Karnaval Bhinneka Tunggal Ika

Selasa, 20 Agustus 2019 12:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Gresik Usung Budaya Nusantara di Karnaval Bhinneka Tunggal Ika
Salah satu mobil hias yang ikut pawai tahun lalu. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, Pemkab Gresik bakal menggelar karnaval keliling Kota Gresik pada Kamis (22/8). Kali ini, pawai karnaval mengambil tema "Bhinneka Tunggal Ika, Kita Menuju Indonesia Unggul".

Dalam karnaval yang rencananya diberangkatkan oleh Bupati Sambari dan Wabup Qosim itu, beragam budaya nusantara akan berparade dalam mobil hias dengan dandanan miniatur rumah khas budaya nusantara.

Selain kendaraan bertema nusantara, panitia juga menyertakan kendaraan bertema bunga serta budaya. Kendaraan-kendaraan itu akan melintasi jalan Wahidin Sudirohusodo - Jalan Dokter Sutomo - Jalan Jaksa Agung Suprapto - Jalan Pahlawan dan berakhir di Alun-alun Kota Gresik.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno, ada 71 kendaraan yang akan berkarnaval kali ini dengan ukuran maksimal Panjang 6 meter lebar 3 meter dan tinggi 3 meter. Rinciannya, 5 kendaraan peserta komunitas, 49 kendaraan peserta Bhinneka Tunggal Ika, dan 17 peserta kendaraan Pawai Bunga.

BACA JUGA : 

Update Covid-19 di Gresik: Positif Tambah 7 Orang, Sembuh 4

Polres Gresik dan Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Ledakan Tangki PT CAS yang Tewaskan 5 Pekerja

Besok, Insentif 24.404 Guru Ngaji dan Marbut di Gresik Cair

Ferry dan Yoraisa Dinobatkan Sebagai Cak-Yuk Gresik 2021

"Tema Bhinneka Tunggal Ika dalam Peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini adalah sebagai gambaran konkret bahwa Kabupaten Gresik sebagai kota yang penuh dengan keragaman baik suku bangsa maupun agama. Meskipun menghargai keberagaman, namun Pemkab Gresik sangat menjunjung tinggi persatuan. Kita berbeda, tetap satu Indonesia. NKRI harga mati," katanya.

Dia berharap seluruh masyarakat Gresik ikut hadir menyaksikan kemeriahan sekaligus budaya dari seluruh Indonesia. Sehingga, toleransi sesama rakyat Indonesia dapat semakin dijunjung tinggi.

"Silakan hadir melihat dari sisi jalan-jalan pada rute yang dilewati mobil karnaval ini yaitu sejak di jalan Wahidin Sudirohusodo, Dokter Sutomo, Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan atau berkumpul di Alun-alun kota Gresik," paparnya.

Sementara untuk menghindari kemacetan kepada pengendara yang akan melintasi jalan-jalan sesuai rute tersebut untuk menyesuaikan diri. Bagi pengendara dari Lamongan yang akan ke Surabaya sebaiknya tidak melalui Jalan Wahidin atau langsung masuk Tol Kebomas.

"Yang penting bagi pengendara untuk menghindari dulu perjalanan menuju ke arah kota Gresik pada saat Karnaval berlangsung, yakni Kamis (22/8), siang," pungkasnya. (hud/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...