Rabu, 16 Juni 2021 15:33

BPBD Tuban Ingatkan Ancaman Puting Beliung

Senin, 17 November 2014 10:10 WIB
Editor: abdurrahman ubaidah
Wartawan: wan suwandi
BPBD Tuban Ingatkan Ancaman Puting Beliung
Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono

TUBAN (BangsaOnline) - Peralihan musim kemarau menuju penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mengingatkan pada warga agar mewaspadai bencana angin puting beliung.

"Potensi Puting Beliung berpeluang muncul saat peralihan musim dari kemarau ke musim hujan, begitu Juga sebaiknya," ujar kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi HARIAN BANGSA Minggu (16/11).

Ditambahkan, wilayah yang berpotensi terkena angin puting beliung adalah wilayah perbukitan seperti Kecamatran Widang, Semanding, Merakurak, Rengel, Montong, Singgahan, Jatirogo, Bancar, Kerek dan Palang.

"Wilayah tersebut berpotensi diterjang angin puting beliung, dan sudah masuk dalam maping (pemetaan/catatan) peta bencana kami, dari seringnya terjadi bencana angin disana," ujar mantan Camat Gerabagan ini.

Dijelaskan wilayah perbukitan berpotensi puting beliung karena angin yang bertiup akan menghantam dinding perbukitan kemudian akan berbalik arah. Sementara itu, angin yang berasal dari arah berlawanan (arah sebelumnya) akan memicu tabrakan angin yang kemudian membuat pusaran angin (puting beliung).

"Inilah yang kemudian menciptakan angin puting beliung, makanya daerah perbukitan seperti, Montong, Semanding itu cukup rawan. Secara geografis beberapa wilayah berada di perbukitan kapur," beber Joko.

Ia mebambahkan, biasanya Puting beliung terjadi ditandai dengan munculnya awan columbus, yang kemudian disusul dengan angin ribut angin kencang disertai petir dan hujan lebat.

"Saat gejala-gejala itu muncul, kami imbau kepada masyarakat yang berada di wilayah potensi, segera mencari tempat yang lebih aman. Hindari berada di bawah pohon besar apalagi pohon yang sudah berusia tua,"tutur Joko memberi saran.

BACA JUGA : 

Tabrakan Maut di Jalur Pantura Tuban, Sopir Minibus Tewas, Sopir Truk Kritis

Potensi Jadi Tempat Penularan, Satgas Covid-19 Tuban Gencar Sosialisasi Prokes di Pasar Tradisional

Rumah Warga di Tuban Terbakar, Uang Rp 15 Juta Ikut Hangus

Terjatuh, Pekerja Tambang di Tuban Tewas

Sumber: Harian Bangsa
Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...