Tarik Wisatawan, Kota Kediri Kembali Gelar Seni Panji di Selomangleng

Tarik Wisatawan, Kota Kediri Kembali Gelar Seni Panji di Selomangleng Para seniman baik tingkat nasional maupun mancanegara saat tampil di kawasan Goa Selomangleng Gunung Klotok, Kota Kediri. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Untuk menarik wisatawan sekaligus menggerakkan perekonomian lokal, kembali menggelar Seni Budaya Panji di kawasan obyek wisata Goa Selomangleng, Ahad (20/10).

Kearifan lokal di Kota Kediri memang cukup beragam, mulai dari seni budaya, tradisi, hingga kuliner. Salah satunya, cerita panji di Kota Kediri yang menjadi kekayaan dan khazanah budaya perlu dijaga dan dilestarikan.

Apalagi, Kota Kediri beberapa waktu lalu mendapatkan anugerah budaya tingkat nasional dari pemerintah pusat, dan ini seolah menjadikan sebuah kewajiban untuk menjaga dan mengembangkan budaya dan tradisi yang ada di Kota Kediri

Untuk itu, Pagelaran Selomangleng bertajuk Maestik Panji digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Kediri di kawasan Gua Selomangleng, dengan menghadirkan beberapa seniman nasional maupun mancanegara.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan, pagelaran ini selain mampu menjadi edukasi para pemuda tentang budaya dan tradisi bangsa, diharapakan Kota Kediri memiliki pagelaran yang berskala nasional maupun internasional. 

"Selanjutnya ini dapat dikaitkan dengan kegiatan ekonomi, ini akan menjadi sebuah tontonan yang menarik untuk dinikmati sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat agar ekonomi bisa tumbuh dan bergerak maju," terang Nur Muhyar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO