Tak Perlu Resah, Ternyata Empon-empon Berkhasiat Menangkal Virus Corona

Tak Perlu Resah, Ternyata Empon-empon Berkhasiat Menangkal Virus Corona Wali Kota Risma didampingi Rektor Unair Surabaya Mochammad Nasih saat menggelar jumpa pers di Tropical Disease Center Universitas Airlangga, Selasa (03/03).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu resah dan takut terkait penyebaran virus corona.

Sebab, saat ini sudah ada penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terkait cara menangkal virus corona. Masyarakat bisa meningkatkan imun tubuhnya dengan obat-obatan herbal yang berasal dari tanaman obat asli Indonesia (empon-empon). Seperti jahe, kunyit, temulawak, hingga sambiloto.

“Saya tidak ingin warga bingung atau resah, maka saya ingin menyampaikan ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan Unair yang tinggal dilanjutkan sedikit, kita akan tahu secara garis besar dan mendasar virus itu,” kata Risma saat menggelar jumpa pers di Tropical Disease Center Universitas Airlangga, Selasa (03/03/2020).

Menurutnya, virus tersebut berada di dalam sel tubuh. Sedangkan yang dapat mengeluarkan virus itu adalah imunitas tubuh itu sendiri. Karena itu kemudian ada penelitian curcumin atau minuman herbal yang berasal dari tanaman obat tradisional. Dari hasil penelitian, minuman herbal ini berkhasiat menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat.

“Kalau untuk daya tahan tubuh, Unair bisa memastikan yang di dalam empon-empon sudah ada penelitiannya. Mudah-mudahan (virus corona) tidak ada di Surabaya, karena semua makan soto dan rawon, itu bisa digunakan,” jelasnya.

Kendati demikian, Presiden UCLG Aspac ini juga mengimbau kepada warga agar dapat pula menjaga pola hidup sehat. Terutama, dengan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Namun, jika mengalami gejala panas, batuk, pilek, nyeri kepala, dan sesak napas, agar segera diperiksakan ke rumah sakit Unair.

Bahkan, ia menyebut, Pemkot Surabaya juga siap menjemput dan mengantar bagi warga yang posisi rumahnya jauh dari rumah sakit. Dengan menghubungi Command Center 112, maka petugas dari tim kesehatan pemkot akan segera menjemput ke rumah dan mengantar ke rumah sakit.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO