Pilwali Blitar: PKB Putar Haluan Usung Henry, Batal Koalisi dengan PDI Perjuangan

Pilwali Blitar: PKB Putar Haluan Usung Henry, Batal Koalisi dengan PDI Perjuangan Henry Pradipta Anwar (tiga dari kiri) dalam sebuah kesempatan bersama para pengurus DPC PKB Kota Blitar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pilwali Kota Blitar 2020 mulai menghangat. Kali ini, kejutan datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Secara tiba-tiba, PKB putar haluan mengusung pasangan Cawali-Cawawali Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto.

Padahal, awalnya PKB ingin berkoalisi dengan DPC PDIP Kota Blitar di Pilwali Blitar 2020 dengan kompensasi jatah calon wakil wali kota. Hal ini terkuak setelah beredar formulir dukungan dari tim relawan untuk pasangan Henry-Yasin.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Yasin Hermanto membenarkan adanya formulir dukungan dari tim relawan untuk Henry dan dirinya maju di Pilwali Blitar 2020. Dia mengatakan, rencananya DPC PKB memang mengusung Henry dan dirinya di Pilwali Blitar 2020.

"Insyaallah benar, kami (PKB) berencana mengusung Henry di Pilwali Blitar 2020. Henry merupakan kader baru di PKB," ujar Yasin, Selasa (9/6/2020).

Kata Yasin, PKB sudah berkomunikasi dengan DPW dan DPP soal rencana mengusung Henry di Pilwali Blitar 2020. DPC PKB juga sudah intensif berkomunikasi dengan Henry. Di sisi lain, PKB juga telah mendapat restu dari kalangan kiai sepuh.

"Jadi kami tinggal menunggu rekom, sewaktu-waktu dibutuhkan, rekom sudah siap," klaimnya.

Yasin menambahkan, langkah yang diambil PKB untuk putar haluan ini karena komunikasi yang dibangun sejak awal dengan PDIP menghadapi Pilwali Blitar 2020 selama ini jalan di tempat. Selain itu, DPC PDIP Kota Blitar memiliki kursi lebih untuk mengusung calon sendiri di Pilwali Blitar 2020.

"Komunikasi dengan DPC PDIP stagnan. DPC PDIP Kota Blitar tetap menunggu keputusan DPP. Dan peluang Henry dapat rekom dari PDIP kecil," imbuhnya.

Pihaknya kini tengah intens menjalin komunikasi dengan partai lain, di antaranya Hanura, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PKS. PKB sendiri memiliki empat kursi di DPRD Kota Blitar. "Kami juga mencoba komunikasi dengan PPP. Semua partai, di luar PDIP kami coba ajak komunikasi untuk membangun koalisi di Pilwali Blitar 2020," katanya.

Untuk diketahui, Henry Pradipta Anwar merupakan putra sulung mantan Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar yang digadang-gadang bakal menjadi penerus M Samanhudi Anwar. Sedangkan Yasin Hermanto adalah Ketua DPC PKB Kota Blitar. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO