Minggu, 09 Mei 2021 20:36

Prioritaskan Ambulans Pasien Covid-19 di Kota Kediri, Lampu Merah Bisa Disulap Jadi Hijau

Rabu, 24 Juni 2020 16:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Prioritaskan Ambulans Pasien Covid-19 di Kota Kediri, Lampu Merah Bisa Disulap Jadi Hijau
Suasana ruang Command Center Dishub Kota Kerdiri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Biasanya kita melihat hacker bisa mengatur lalu lintas dengan membuat lampu hijau menjadi merah. Atau sebaliknya, lampu merah jadi lampu hijau seketika hanya lewat adegan sebuah film. Namun, di Kota Kediri hal ini bisa menjadi kenyataan.

Melalui Command Center Dinas Perhubungan Kota Kediri, hal itu sangat bisa diwujudkan. Bukan hanya soal lampu lalu lintas, tapi juga bisa mengatur kendaraan prioritas untuk laju.

Command Center Dishub Kota Kediri memantau traffic di seluruh jalanan Kota Kediri. Pada saat Covid-19, kita bisa mengatur lampu lalu lintas untuk mendahulukan ambulans,” kata Bambang Trilasmono, Kabid Manajemen Angkutan Dinas Perhubungan Kota Kediri, Rabu (24/6).

Selain mobil ambulans, lanjut Bambang, Dishub sehari-hari juga memprioritaskan angkot dan bus sekolah. Jadi, bila angkot dan bus sekolah melalui lampu lalu lintas, lampu diubah menjadi hijau dari Command Center.

BACA JUGA : 

Paguyuban Sopir di Kediri Dukung Warga Tidak Mudik

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Agar Ekonomi Berputar, ​Wali Kota Kediri Instruksikan Bansos Sahabat Disalurkan Sebelum Lebaran

Semarakkan Bulan Ramadan, Pemkot Kediri Gelar Festival Hadrah Al Habsy Al Banjari

Command Center Dishub dilengkapi dengan ATCS (Area Traffic Control System) yang terhubung dengan CCTV di 17 titik utama lampu lalu lintas di Kota Kediri. Maka, bus sekolah maupun angkot yang melalui lampu merah tersebut bisa terpantau dari Command Center.

“Dari ruang kontrol itu, bisa juga by request untuk mengatur lampu lalu lintasnya. Misalnya ada rombongan penting yang akan lewat,” tambah Bambang. 

Kadang membutuhkan prioritas untuk sampai ke tujuan. Selain prioritas umum yaitu ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

Command Center ini memantau lalu lintas selama 24 jam. Selain memprioritaskan kendaraan, juga memantau kepadatan. Sebelum pandemi, pada titik tertentu dan jam sibuk kerap kali terjadi kepadatan lalu lintas. Misalnya di lampu lalu lintas Mrican dan Semampir, merupakan dua titik yang kerap dipantau padat.

Petugas yang bertugas biasanya punya inisiatif sendiri untuk mengurai kemacetan, tapi ada juga yang langsung mengontak Command Center untuk membantu mengatur, khususnya mengatur lampu lalu lintas.

Lama lampu merah dan hijau pun tergantung dari kepadatan arus dalam satu ruas jalan. Bila ada persimpangan, satu jalannya ramai dibanding jalan lainnya maka pada ruas jalan yang ramai itu lampu merahnya menyala lebih singkat dibanding ruas jalan simpangannya dan lampu hijaunya lebih lama.

"Alhamdulillah, sudah punya ATCS sejak 2014. Jadi ini memudahkan jika ada kendaraan prioritas yang harus disegerakan agar tidak terjebak di lampu merah. Misalkan jika ada ambulans pengangkut pasien Covid-19 melintas, dari pantauan CCTV akan kelihatan dan akhirnya petugas kami di command center bisa membuat lampu hijau agar pasien yang kritis bisa lebih cepat diselamatkan," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (uji/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...