Selasa, 27 Juli 2021 22:19

Pemkab Jember Dapat ​Predikat Disclaimer of Opinion, Anggaran Baznas Paling Bermasalah

Selasa, 30 Juni 2020 16:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Pemkab Jember Dapat ​Predikat Disclaimer of Opinion, Anggaran Baznas Paling Bermasalah
Kantor Pemkab Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK) Perwakilan Jawa Timur, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jember termasuk dalam salah satu indikator penilaian yang dilakukan oleh BPK. Dalam auditnya, BPK menemukan beberapa indikator yang tidak sesuai di Baznas.

Wakil Ketua DPRD Jember, Dedi Dwi Setiawan mengatakan, pasca dilangsungkannya paparan oleh BPK tentang laporan hasil pemeriksaan BPK tahun 2019, dinyatakan bahwa untuk Pemkab Jember tahun ini mendapatkan predikat Disclaimer of Opinion. Salah satu indikator pemeriksaannya berada di Baznas yang di dalamnya ada beberapa item yang tidak sesuai.

"Ya, hasilnya Disclaimer of Opinion dan Baznas jadi salah satu rujukan ketidaksesuaian yang terjadi. Di sana ada beberapa item yang mempengaruhinya," kata Dedi saat ditemui di Gedung DPRD Jember, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, poin yang menjadi sorotan BPK ada beberapa item, di antaranya kegiatan uang saku peserta kegiatan, santunan kepada anak duafa, honorarium pengurus Baznas, dan honorarium pengurus dewan masjid.

BACA JUGA : 

Ikuti Rapat Pembahasan Sektor Pertanian, Bupati Hendy Sebut Jember Unggul Tembakau dan Kopi Robusta

Ikhtiar Illahiyah, Wabup Jember Gus Firjaun Pimpin Doa Bersama Mohon Pandemi Covid-19 Cepat Berakhir

Pemkab Jember Kembali Salurkan Bansos, Bupati Hendy: Ini Wujud Nyata Kehadiran Pemerintah

Jamin Kebutuhan Makan bagi Warga Isoman, Pemkab Jember Dirikan Dapur Umum

Politikus asal Nasdem tersebut menjelaskan, anggaran yang ada dalam kegiatan tersebut mencapai Rp 2 miliar lebih. "Anggaran untuk kegiatan di Baznas itu sekitar Rp 2 miliar lebih dan itu dirasa tidak sesuai oleh BPK," jelasnya.

Lebih lanjut, Dedi menyampaikan, seharusnya Baznas harus berjalan sesuai dengan rel yang sudah dilakukan. "Baznas ini adalah lembaga sosial dan jangan sampai membuat masyarakat tidak percaya. Maka dari itu, harus sesuai relnya dan patuh pada aturan, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa tepat pada sasaran," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BPK Jawa Timur untuk meminta penjelasan dengan detail agar bisa mengetahui secara rinci persoalan yang dialami.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Jember, Misbahus Salam berdalih bahwa lembaganya masih baru dibentuk tahun 2018, sehingga masih harus berbenah. "Terlebih lagi, Baznas juga boleh mendapatkan anggaran dari Pemkab Jember. Namun, untuk bentuk pemberiannya dalam bentuk apa tidak diketahui karena semua kewenangan dari pemkab," ujarnya. (jbr1/yud/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...